Yuk Abadikan Momenmu Di Spot Selfi Coban Rais Kota Batu

Lagi-lagi Kota Batu mengenalkan wisata alam yang tak kalah menarik dengan wisata di kota lainnya, yakni Coban Rais. Yang lebih menarik, nama tempat wisata ini diambil dari nama salah satu penduduk desa tempat wisata tersebut berada, yaitu Rais. Sementara, arti kata coban sendiri adalah air terjun.

Wisata air terjun ini dulunya bagian dari wisata Kota Malang, namun setelah Malang terbagi menjadi Kota Malang dan Kota Batu, akhirnya wisata air terjun tersebut menjadi wisata Kota Batu. Seperti wisata air terjun pada umumnya, suasana di sini pun sangat sejuk, segar dan mendamaikan hati.

Air terjun yang memiliki tinggi 20 meter ini menjadi wisata favorit bagi semua kalangan, mulai dari usia remaja, anak-anak, hingga usia dewasa. Tak sedikit pula yang menyebut tempat wisata ini sebagai tempat wisata yang hits dan kekinian.

Berselfie Ria Di Bukit Bulu

Apa sebab air terjun Coban Rais ini menjadi wisata hits dan kekinian? Karena wisata air terjun Kota Batu ini memiliki spot foto yang tidak dimiliki oleh wisata air terjun lainnya, yaitu spot foto Bukit Bulu Batu.

Nama Bukit Bulu sendiri bermula dari tanaman berbulu yang tumbuh di bukit tersebut. Lantas apa sih yang membuat bukit di sekitar air terjun Rais ini menjadi popular? Di puncak bukit ini terdapat panggung kayu yang membentuk tulisan I Love U. Tak heran bila banyak pengunjung yang menjadikan tempat ini sebagai spot selfi terfavorit, apalagi untuk sepasang kekasih.

bukit buluSelain panggung kayu di Bukit Bulu, Coban Rais juga memiliki taman bunga dengan beberapa permainan ayunan. Di ayunan tersebut Anda bisa bermain sekaligus berfoto dengan background pemandangan hijau nan asri milik Kota Batu. Bunga yang warna-warni pun menjadi ciri khas tersendiri air terjun Kota Batu ini.

Jadi, selain berfoto dengan background air terjun, Anda bisa berfoto di spot selfi Bukit Bulu, ayunan, dan taman bunga di sekitar air terjun. Spot-spot tersebut dibuat karena semakin berkembangnya teknologi dan semakin banyaknya pengunjung yang memiliki hobi berfoto.

Baca Juga : Liburan Berkesan Di Wisata Air Terjun Sumber Pitu Malang

Beberapa Spot Wisata Di Coban Rais

Selain foto, ada pula spot lain yang bisa Anda coba di wisata Batu ini. Apa sajakah itu? Yuk simak ulasan berikut :

1. Bersantai di hammock

hammock warna warniHammock kini menjadi tren di beberapa tempat wisata alam, termasuk air terjun di Kota Batu. Hammock warna-warni yang terpasang di antara dua batang pohon bisa Anda coba beberapa saat bersama teman-teman. Jangan khawatir, hammock disini sudah terjamin kuat dan aman karena Anda dibekali perangkat safety.

Di hammock tersebut Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan air terjun dan sekitarnya. Akan lebih asyik lagi bila Anda memilih hammock yang berada di urutan tertinggi, karena bisa melihat pemandangan dengan leluasa dan bisa merasakan sensasi keekstreman spot tersebut.

2. Bermain sepeda gantung

Ya, sepeda gantung tergolong permainan sekaligus spot selfi ekstrem terbaru di beberapa tempat wisata. Air terjun Coban Rais ini pun memiliki spot sepeda gantung yang bisa Anda coba.

Dengan ketinggian tertentu, Anda bisa merasakan sensasi bersepeda sambil terbang. Sangat tidak biasa bukan? Namun hal tersebut bisa Anda lakukan di salah satu tempat wisata Kota Batu ini.

Lagi-lagi Anda tak perlu khawatir karena spot ekstrim ini terjamin aman bila Anda mengikuti peraturan dari guide dan menggunakan perlengkapan safety.

3. Berkemah

Nah, bagi Anda yang hobi berpetualang, pasti kemah sudah merupakan kebiasaan. Di wisata Kota Batu ini pun Anda bisa berkemah karena sudah tersedia camping ground di dekat air terjun. Dengan begitu masa berlibur bersama teman menjadi lebih asyik dan seru.

Di tempat ini pun tersedia fasilitas lengkap, mulai dari mushola, toilet, warung dan lainnya. Jadi tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan lagi. Di malam hari, Anda pun bisa bermain gitar, memasak, menghabiskan waktu bersama teman-teman diiringi gemuruh air terjun.

Baca Juga : Omah Kayu Batu, Penginapan Unik Di Atas Pohon

4. Mandi dan bermain air

Satu hal yang tidak bisa Anda lewatkan saat berkunjung ke air terjun, yakni bermain air. “Jika belum menyentuh air terjun, itu namanya belum sampai ke air terjun.” Itulah kata beberapa orang yang hobi travelling. Namun, saat bermain air, apalagi mandi di sana, Anda harus ekstra hati-hati.

Terkadang air bisa meluap tiba-tiba, terutama di musim hujan. Jadi, jika Anda berkunjung saat musim hujan, lebih baik urungkan niat untuk mandi di sungai apalagi di bawah air terjun. Bagi Anda yang mengajak buah hati ke Coban Rais pun perlu pengawasan lebih, jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada anak Anda.

Tempat wisata ini juga menyediakan permainan khusus untuk anak, seperti ayunan mini, hammock mini, dan sepeda gantung mini. Semua permainan tersebut memiliki safety yang terjamin, sehingga Anda tak perlu khawatir.

Lokasi Air Terjun Coban Rais

Lalu, bagaimana sih cara melakukan keempat aktivitas tersebut? tentunya Anda harus menuju ke lokasi air terjun Rais terlebih dahulu. Air terjun tersebut berada di Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu, atau di kaki Gunung Panderman.

Tak usah khawatir nyasar saat ingin menuju ke lokasi air terjun, karena di sepanjang Kota Batu sudah terdapat petunjuk jalan yang memudahkan Anda menuju ke wisata Batu mana saja. Nah, untuk ke air terjun sendiri, Anda harus berjalan kaki sekitar 40 menit dari area parkir.

Anda akan menyusuri jalan setapak dan menyebrangi sungai. Jalur tersebut tidak terlalu sulit bagi pemula trekking, namun jika datang musim hujan, maka jalanan sedikit licin.

Objek wisata yang satu ini buka mulai pukul 07.30 hingga 15.00, cukup lama bukan? Sehingga Anda bisa puas menikmati keindahan alam, berfoto sepuasnya, dan bermain melakukan beberapa aktivitas yang Anda suka. Tiket masuknya sangat terjangkau, yakni Rp 10.000 per orang dewasa, jadi anak-anak kecil tidak akan ditarik biaya.

Namun, tarif tiket tersebut belum termasuk tiket masuk Bukit Bulu dan taman bunga. Untuk kedua spot ini Anda harus merogoh kocek lagi dan membayar Rp 25.000 per orang. Selain itu, ada pula beberapa fotografer handal yang menawarkan jasa foto untuk pengunjung, setiap spotnya memiliki kesempatan 3 kali foto dan hanya membayar Rp 10.000 saja.

Sudah terjawab bukan mengapa Coban Rais menjadi sangat hits dan terkenal? Ya, karena banyaknya spot foto menarik yang menjadi incaran anak muda zaman sekarang. Setelah berfoto di spot tersebut, mereka mengunggah di akun media sosial dan menjadikan semua orang tahu bahwa Air Terjun Rais memiliki keunikan yang tidak dimiliki wisata alam lainnya.

Jadi, kapan Anda akan berlibur ke Kota Batu dan mengunjungi air terjun menarik ini? Jangan lupa ajak teman atau keluarga untuk menemani liburan Anda, dan jangan lupa pula untuk membawa kamera terbaik untuk mengabadikan momen seru di Coban Rais.

loading...

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 204 788 678 (SMS+Telp) dan 085 855 958 388 (WA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *