Wow! Ada Pantai 3 Warna Yang Tersembunyi Di Malang Selatan

Pantai 3 Warna ini bersebelahan dengan Pantai Sendang Biru, yaitu berada di bawah pengelolaan Bhakti Alam yang para anggotanya merupakan masyarakat sekitar. Pantai tiga warna ini berada di wilayah konservasi tapi dijadikan tempat rekreasi dan wisata. Tentunya hal ini bukan semata-mata untuk mencari keuntungan atau memanfaatkan keindahan wisata pantai di Malang selatan ini.

Pihak manajemen ingin memperkenalkan keindahan alam Indonesia dan sekaligus mengedukasi para wisatawan bahwasanya menjaga kelestarian alam itu hukumnya wajib. Itu terbukti dengan ada beberapa peraturan yang diterapkan apabila ingin berkunjung ke wisata pantai tiga warna Malang. Pantai ini masuk di area Rehabilitasi dan Konservasi Mangrove, Terumbu Karang serta Hutan Lindung Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang.

Keunikan dari pantai ini adalah memiliki warna air laut yang berbeda-beda disebabkan oleh kedalaman air laut. Selain tempat ini bebas dari sampah, para wisatawan juga bisa melakukan snorkeling untuk menikmati panorama bawah laut berupa terumbu karang yang masih alami. Pihak pengelola menyewakan peralatan snorkeling lengkap dengan harga Rp.15.000,-. Peralatan tersebut berupa kacamata renang, rompi pelampung dan selang untuk menghidup udara.

Menurut warga sekitar, saat sore hari sekitar pukul 17:00 WIB jika ada segerombol burung bangau terbang rendah melintasi lautan itu tandanya ada sekelompok ikan lumba-lumba yang berenang di sekitar pantai dan katanya ikan-ikan tersebut berasal dari Pulau Sempu. Memang keberadaan Pantai 3 Warna cukup dekat dengan lokasi Pulau Sempu.

Rute Perjalanan Menuju Pantai 3 Warna

pantai tiga warna malangJarak dari pusat kota Malang ke lokasi pantai ini kurang lebih 150 km. Cukup mengikuti penunjuk arah menuju Kecamatan Bululawang – Kecamatan Turen – Kecamatan Sumber Manjing Wetan – Pantai Sendang Biru. Setelah sampai di pertigaan menuju Pantai Sendang Biru, ada penunjuk arah yang menunjukkan Clungup Mangrove Conservation. Itu penunjuk ke Pantai Clungup, Pantai Gatra dan Pantai 3 Warna.

Jika menggunakan sepeda motor bisa masuk hingga pintu utama pantai clungup untuk kendaraan roda empat harus parkir di depan gang dan berjalan kaki sekitar 1 km hingga ke pos tiket (pusat informasi).

Dari pos tiket masuk melanjutkan perjalanan melewati jalan tanah sempit 2 km, naik turun dan pastinya licin saat musim hujan. Saat mata dimanjakan oleh pemandangan hutan mangrove, berarti sudah sampai di Pantai Clungup. Kita bisa sejenak menikmati ombak yang tenang dan pemandangan yang asri di pantai ini.

Dari Pantai Clungup kemudian menuju Pantai Gatra ke arah kiri dengan melewati tegalan kurang lebih 3 km. Pantai Gatra terdiri dari gugusan pulau karang kehijauan dan pasir putih yang indah kemilau. Sungguh indah.

Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju bukit di sebelah kiri Pantai Gatra, kita akan bertemu dengan Pantai 3 Warna. Perpaduan warna air laut yang biru, hijau putihnya pasir pantai menjadi alasan atas penamaan dari pantai ini.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai 3 Warna

Sebenarnya tidak ada yang namanya tiket masuk. Tetapi wisatawan diharuskan untuk membayar donasi sebesar Rp.6.000,- per orang. Dan setiap rombongan wisatawan diwajibkan menggunakan jasa Tour Guide yang akan memandu perjalanan wisata mereka.

Peraturan dan Persyaratan Masuk ke Lokasi

pantai 3 warna di malangSalah satu hal yang patut diacungi jempol untuk pihak manajemen pengelola adalah mereka tidak mengeksploitasi keindahan Pantai Tiga Warna ini. Terbukti dengan motto “No Negotiation if Full Booked” pihak menajemen tidak terlena dengan pundi-pundi penghasilan. Ada kuota makmisal pengunjung di setiap harinya. Tentunya itu semua demi menjaga kelestarian dan kealamian dari wisata pantai di Malang ini. Berikut beberapa peraturan dan persyaratan di Pantai 3 Warna Malang.

1. Reservasi dan Quota Pengunjung

Pihak manajemen Pantai 3 Warna menerapkan sistem reservasi dan ada batasan pengunjung. Quota untuk masuk ke lokasi wisata tidak boleh melebihi 100 orang per gelombang. Dan quota maksimal per grup atau kelompok adalah 10 orang, tidak boleh lebih.

Untuk reservasi, pastikan jumlah kelompok dan tanggal pemberangkatannya, kemudian tanyakan ke pihak manajemen terlebih dahulu apakah quota pada tanggal tersebut sudah penuh atau belum. Jika belum penuh, Anda bisa datang kesana. Jika sudah penuh, Anda harus menunda pemberangkatan kesana.

Jika pas weekend usahakan reservasi 1 bulan sebelumnya dan jika weekday usahakan 1 minggu sebelumnya. Untuk reservasi bisa menghubungi 0812 3333 9889 (jam kerja).

2. Tour Guide Lokal

Setiap kelompok wisatawan diwajibkan menggunakan jasa Tour Guide Rp.75.000,- yang akan menemani sekaligus menjadi teladan selama berada di pantai 3 warna. Tour Guide tersebut juga akan mengingatkan jika nantinya wisatawan melakukan hal-hal yang dapat merusak kelestarian alam disana.

3. Check List Barang Bawaan

Semua barang bawaan wisatawan akan diperiksa oleh pihak pengelola, terutama makanan dan minuman berbungkus yang dapat menimbulkan sampah. Semua barang tersebut kemudian dicatat dan nantinya ketika sudah kembali, bungkus-bungkus makanan tersebut harus dibawa pulang kembali. Ini untuk menjaga kebersihan dan kelestarian pantai.

4. Berpartisipasi Dalam Melestarikan Alam

Setiap pengunjung juga diwajibkan membayar tiket masuk senilai 1 pohon bakau (mangrove)sebesar Rp.10.000,-

5. Sistem Off Day

Sejak awal bulan September 2015, pihak pengelola memberlakukan sistem libur satu hari dalam satu minggu dan hari yang dipilih adalah hari kamis. Jadi jika ingin berkunjung ke Pantai 3 Warna pastikan jangan pada hari kamis.

6. Waktu Kunjungan

Setiap rombongan cuma diberi waktu batasan 2 jam untuk menikmati semua panorama keindahan di Pantai Tiga Warna ini. Biasanya pihak Tour Guide akan mengingatkan jika waktu sudah habis.

6. Sampah

Jika ada sampah yang tertinggal akan dikenakan denda Rp.100.000,- per item. Jadi tidaklah heran jika di Pantai Tiga Warga ini bebas dari sampah tak bertuan.

8. Camping

Kita tidak diperbolehkan camping di Pantai 3 Warna karena wilayah ini termasuk dalam kawasan konservasi. Kita diperbolehkan camping mendirikan tenda di Pantai Clungup dan Pantai Gatra dengan biaya sewa lahan Rp.25.000,- dan sewa tenda Rp.25.000,-

pantai 3 warna malang selatanTips Berkunjung ke Pantai 3 Warna

1. Pasang Surut Air Laut

Disarankan berkunjung di saat air laut sedang normal. Pasang surutnya air laut berpengaruh terhadap spot snorkeling yang akan kita jelajahi. Jika air sedang surut, pihak petugas akan mengarahkan kita ke area tertentu dan tentunya sangat sayang sekali kita tidak bisa mengexplore semua tempat indah disana.

2. Tiba Sebelum Tengah Hari

Perjalanan dari pos tiket masuk ke pantai 3 warna memakan waktu kurang lebih 1 jam berjalan kaki. Usahakan tiba disana sebelum jam 12 siang karena ditakutkan nanti pulangnya hari sudah gelap.

3. Kamera Anti Air

Pantai 3 Warna ini menawarkan keindahan taman laut yang sungguh mempesona, jadi sangat sayang jika tidak mengabadikannya.

4. Persiapan Fisik

Anda akan berjalan kaki pulang pergi kurang lebih 2 jam dan menikmati panorama bawah laut disana 2 jam. Jadi pastikan anda sedang dalam keadaan fit.

5. Sandal Gunung

Jika waktu kunjungan ke Pantai 3 Warna saat musim hujan, setiap pengunjung disarankan menggunakan sepatu gunung atau sandal gunung karena jalanan licin dan berbatu.

Baca Artikel Lain: Keindahan Wisata Gunung Bromo Dan Gunung Semeru

loading...

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 204 788 678 (SMS+Telp) dan 085 855 958 388 (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *