Wisata Gunung Bromo Primadonanya Jawa Timur

Keindahan Gunung Bromo memang sudah tidak diragukan lagi. Gunung Bromo merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung aktif yang berada di provinsi Jawa Timur. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2392 Mdpl, yang berada di perbatasan Malang, Pasuruan, Lumajang dan Probolinggo. Wisata Gunung Bromo dijadikan sebagai icon Jawa Timur, karena keindahannya.

Penduduk di sekitar gunung Bromo bernama Suku Tengger, Suku Tengger yaitu suatu suku dari ras suku Jawa yang merupakan keturunan kerajaan Majapahit. Keramahan para suku tengger di sekitar Bromo membuat para wisatawan merasa nyaman dan senang berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini. Gunung Bromo memang tidak sebesar dan setinggi gunung-gunung lainnya di Jawa Timur. Seperti Gunung Semeru, Gunung Arjuno dan lainnya. Walaupun kecil dibandingkan lainnya, namun bromo tetap memiliki tempat tersendiri di hati para wisatawan. mari kita mengenal lebih dekat mengenai wisata Gunung Bromo primadonanya Jawa Timur.

Akses Menuju Objek Wisata Gunung Bromo

Kawasan destinasi wisata ini memang strategis. Ada banyak akses menuju Gunung Bromo, tinggal anda memilih jalur akses mana yang paling dekat untuk anda.

  1. Akses yang pertama melewati jalur Lumajang. Perjalanan dari Lumajang anda menuju ke kecamatan Senduro. Setelah sampai anda melanjutkan perjalanan menuju Ranupane, melewati bukit kawasan Jemplang dan sampailah di kawasan gunung bromo.
  2. Akses ke gunung Bromo selanjutnya melewati Pasuruan. Bila anda sampai di Pasuruan, anda melanjutkan perjalanan menuju kecamatan Wonorejo. Setelah sampai di Wonorejo kita bergeser ke kecamatan Warung Dowo kemudian menuju kecamatan Tosari. Dari kecamatan Tosari, anda menuju ke desa Wonokitri. Dari desa Wonokitri dilanjutkan ke penanjakan gunung Bromo.
  3. Bila anda dari Malang lanjutkan perjalanan menuju Tumpang. Dari Tumpang bergerak ke Gubug Klakah, kemudian Jemplang dan sampai ke Bromo.
  4. Selanjutnya akses menuju wisata Gunung Bromo melalui Probolinggo. Jalur ini, merupakan jalur utama menuju bromo. Jalur ini menjadi jalur favorit para wisatawan karena memiliki pemandangan yang indah di sepanjang jalan menuju bromo. Dari Probolinggo anda menuju ke kecamatan Tongas, dilanjutkan menuju Lumbang. Dari Lumbang bergeser ke Sukapura kemudian desa Cemoro Lawang dan sampai ke Bromo.

Area Wisata Gunung Bromo

Untuk menikmati indahnya bromo, sebaiknya anda menuju ke View Point Gunung Bromo terlebih dahulu. View Point merupakan tempat untuk para wisatawan menikmati sunrise dan gunung Bromo dari ketinggian. Tempat ini selalu menjadi incaran para wisatawan. Karena kita dapat menikmati hangatnya mentari di udara yang dingin. Kawasan Bromo memang memiliki udara yang dingin. Jadi bila kita berencana berlibur kesana sebaiknya kita mengenakan jaket yang tebal.

Area wisata gunung Bromo juga merupakan kawasan berpasir. Tak jarang pasir yang tertiup angin masuk terhirup hidung atau masuk ke mata kita. Jadi selain mengenakan jaket tebal, bila anda ingin ke Bromo pakailah masker penutup hidung, mulut bila perlu kacamata. Agar kesehatan kita tetap terjaga. Kembali menuju ke View Point lagi, untuk menikmati Bromo melalui View Point telah tersedia empat View Point yang dapat kita datangi. Yakni Sruni Point, Bukit Cinta, Bukit Kingkong, dan puncak B29. Namun kawasan B29 jarang menjadi pilihan karena tempatnya yang paling jauh dari ketiga view point lainnya. Bila kita ingin menikmati sunrise dari view point, kita harus menanjak terlebih dahulu. Mengingat view point ini merupakan bukit-bukit di sekitaran bromo, jadi kita harus menanjak terlebih dahulu.

Selesai melihat sunrise, kita dapat menikmati kawah gunung bromo. Kawah bromo memiliki garis tengah sekitar 800 meter. Dan untuk menuju ke kawah kita dapat berjalan kaki maupun berkuda yang banyak di tawarkan para suku tengger. Selanjutnya anda dapat menyusuri 250 anak tangga menuju kawah bromo. Memang sedikit melelahkan, namun lelah anda akan terbayar dengan melihat keindahan dari atas. Anda dapat melihat kawah dan pemandangan sekitar gunung bromo yang takkan terlupakan.

Itu tadi sedikit pembahasan kita mengenai wisata Gunung Bromo primadonanya Jawa Timur. Keindahan gunung Bromo sangat memanjakan mata anda. Tidak salah bila Bromo menjadi primadona Jawa Timur. Semoga dapat menambah informasi dan wawasan anda, terima kasih dan selamat berlibur.

loading...

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 204 788 678 (SMS+Telp) dan 085 855 958 388 (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *