Tips Backpacker Ke Danau Ranu Kumbolo Di Gunung Semeru

Surga Di kaki Gunung Semeru – Semeru merupakan gunung tertinggi yang ada di pulau Jawa. Letaknya berada di kabupaten Lumajang. Dengan puncaknya terkenal dengan sebutan puncak mahameru dan ketinggianya mencapai 3.676 Mdpl. Gunung ini selalu menjadi tujuan favorit bagi para pendaki gunung. Karena memiliki banyak sekali pesona alam yang tidak dapat di ungkapkan dengan kata-kata. Salah satu keindahan itu berada di kaki gunung Semeru, yakni Danau Ranu Kumbolo.

Perjalanan ke Ranu Kumbolo memerlukan perlengkapan dan persiapan yang tepat. Kurangnya perlengkapan dan persiapan tentunya akan menyulitkan selama perjalanan. Oleh karena itu saya akan berbagi sedikit pengalaman pribadi saya mendatangi langsung danau ranu kumbolo. Berikut adalah tips dan akses menuju Ranu Kumbolo untuk pendaki.

Tips Backpacker Ke Ranu Kumbolo

1. Persiapan mental dan fisik

Mental bisa kita dapatkan dari dalam diri kita, dengan memotivasi diri dan tujuan dalam mendaki. Untuk persiapan fisik kita bisa berolahraga seperti jogging, persiapan fisik bisa kita dapat dari mengkonsumsi makanan yang bergizi. Tidur yang cukup dan minum vitamin.

2. Bekal atau logistik

Tips backpacker ke ranu kumbolo selanjutnya ialah persiapan bekal atau logistik. Perjalanan menuju danau ranu kumbolo membutuhkan waktu sekitar 2 hari 1 malam. Siapkan makanan yang ringan dan mengenyangkan, seperti sereal, roti, mie instan dan lainnya, jangan membawa terlalu banyak, bawalah secukupnya saja.

3. Peralatan pendakian

Tak lepas dari semuanya, untuk menuju ke danau ranu kumbolo peralatan pendakian juga tidak kalah pentingnya. Seperti tas carier (minimal 60 liter), peralatan masak, tenda, matras, sleeping bag, jaket tebal, baju ganti (minimal 2/3 baju), P3K, senter dan jas hujan bila kita mendaki di musim penghujan. Karena disana berhawa dingin bawalah jaket tebal untuk menghangatkan tubuh anda.

4. Administrasi

Kita harus menyiapkan foto copy KTP, surat keterangan sehat, dan daftar barang bawaan. Administrasi ini digunakan untuk registrasi sebelum ke Ranu Kumbolo.

Akses Menuju Danau Ranu Kumbolo

Setelah semua persiapan sudah matang, saatnya kita berangkat ke Danau Ranu Kumbolo. Akses jalur menuju ke danau ranu kumbolo memang panjang, setelah tiba di Kota Malang kita menuju ke Pasar tumpang. Dari Pasar tumpang kita langsung menuju ke Basecamp Ranupani. Sesampainya di ranupani kita wajib untuk mendaftarkan diri dan pengecekan. Dengan menyerahkan foto copy KTP, surat keterangan sehat, dan daftar barang bawaan pendaki. Disini kita bisa menyewa jasa porter atau penunjuk arah dan pembawa tas kita selama perjalanan. Dari ranupani kita berjalan kaki menuju Lendengan Dowo. Selama perjalanan kita akan disajikan pepohonan alkasia untuk sampai di Lendengan Dowo. Setelah sampai ke Lendengan dowo kita bergeser ke Watu Rejeng.

Selama perjalanan kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Sampailah kita di danau ranu kumbolo, usahakan kita sampai di ranu kumbolo sebelum gelap agar kita dapat memilih tempat yang pas untuk mendirikan tenda dan beristirahat. Danau ini merupakan danau air tawar yang mempunyai luas 15 hektar. Ada beberapa larangan bila berada di danau ini. Kita tidak boleh berenang di dalam danau, mandi, BAK, BAB, melakukan aktifitas mencuci, atau menebar benih ikan kedalam danau. Anda hanya boleh mengambil air dan memancing di danau.

Bila cuaca tidak mendung, bermalam di ranu kumbolo kita dapat tidur di bawah seribu bintang dan membuat perapian untuk menghangatkan tubuh kita. Sungguh pemandangan indah di Ranu Kumbolo yang luar biasa. Lelah selama perjalanan anda akan terbayar dengan pemandangan indah ini. Ketika pagi hari mata kita juga akan dimanjakan dengan sunrise yang sangat indah. Matahari yang terbit di antara dua bukit hijau ditambah dengan pemandangan danau ranu kumbolo, membuat pagi anda terasa sempurna. Udara dingin yang menyelimuti tubuh anda perlahan mulai dihangarkan oleh sang mentari. Benar-benar secuil surga di dunia dan kuasa Tuhan yang tidak bisa dibeli dengan apapun.

Selesai sudah pembahasan kita mengenai tips backpacker ke danau ranu kumbolo surga di kaki gunung semeru. Keindahan pesona ranu kumbolo memang tidak dapat dibeli dengan apapun. Semoga menambah wawasan anda, terima kasih.

Share

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 204 788 678 (SMS+Telp) dan 085 855 958 388 (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *