The Bagong Adventure Batu, Wisata Edukasi Untuk Anak-Anak Sekolah

Kota Batu, masih asing dengan kota yang satu ini? Ya, Kota Batu lebih dikenal sebagai Kota Malang karena dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Malang, Jawa Timur. Namun, pada tahun 2001, Batu sudah resmi sebagai kota otonom.

Letak kota yang kaya akan tempat wisata ini adalah di sebelah barat Surabaya dan Malang. Jadi, saat Anda berkunjung di kedua kota besar tersebut, jangan lupa mampir ke Kota Batu ya. Batu menyuguhkan objek wisata yang unik dan menyenangkan tentunya. Tak hanya wisata alam yang asri, namun di kota kecil ini juga ada beberapa wisata edukasi.

Nah, wisata edukasi Kota Batu yang sedang naik daun adalah The Bagong Adventure. Wisata yang satu ini berbentuk museum untuk pembelajaran anak-anak sekolah. Ya, jadi bagi Anda yang ingin mengajak sang buah hati berlibur sekaligus belajar, disinilah tempatnya!

Ikon Wisata Edukasi Di Kota Batu

Museum tersebut diluncurkan oleh objek wisata yang sangat terkenal di Jawa Timur, yakni Jatim Park Grup. Pasti Anda sudah tak asing lagi bukan dengan tempat wisata Jatim Park? Banyak yang menyebut tempat ini sebagai dufannya Jawa Timur. Ya, memang hampir mirip dengan Dufan, menyuguhkan berbagai wahana permainan yang menarik.

Nah, selain menyuguhkan wahana permainan yang seru dan menarik, Jatim Park Grup juga menyuguhkan wisata edukasi yang cocok untuk wisata keluarga atau study tour untuk anak-anak. Apa sih The Bagong Adventure itu dan kenapa dinamakan wisata edukasi? Ya, museum bagong atau museum tubuh ini menyuguhkan edukasi anatomi tubuh manusia.

Dari namanya, bagong berasal dari nama tokoh wayang yang bertubuh besar dan berkarakter lucu serta pintar. Tokoh wayang inilah yang dijadikan ikon wisata edukasi museum tubuh. Di pintu masuk, Anda sudah disambut dengan patung wajah Bagong berukuran besar yang sedang tertawa. Nah, di bagian mulutnya yang terbuka itulah pintu masuk yang harus Anda lewati.

Dengan menggunakan nama sekaligus ikon tokoh pewayangan, maka wisata Batu yang satu ini turut melestarikan budaya Jawa dan menambah pengetahuan para wisatawan yang berkunjung. Setelah disambut oleh patung Bagong raksasa, Anda bisa menikmati seisi museum berlantai 6 dan luas 1 hektar ini.

Jangan khawatir, meski 6 lantai, Anda tidak akan merasa lelah karena tersedia lift untuk pengunjung museum. Setiap lantai dari museum ini tentu memamerkan hal yang berbeda.

Baca Juga : Predator Fun Park, Objek Wisata Unik Di Batu

Menjelajah The Bagong Adventure

Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak apa saja yang bisa Anda lihat di tiap-tiap lantai tersebut.

1. Lantai satu

Lantai satu bisa disebut zona otak manusia, dimana replica otak manusia yang memiliki lebar 6 meter dan tinggi 10 meter bisa Anda lihat disini. Replica tersebut digantungkan di langit-langit bangunan, sehingga Anda bisa melihat bagian-bagian otak manusia dengan mudah.

Dari replica tersebut pun Anda bisa menjelaskan kepada buah hati Anda mengenai bagian-bagian otak dan apa saja fungsinya. Jika Anda belum cukup yakin dengan pengetahuan yang dimiliki, maka guide dari The Bagong Adventure siap menemani perjalanan Anda di museum ini dengan menjelaskan per-bagian tubuh secara detail.

2. Lantai dua

Setelah mempelajari bagian otak manusia, Anda akan mengetahui bagian lainnya seperti telinga, mulut, dan gigi di lantai 2. Anda akan diperlihatkan bagian indera pendengar dan indera perasa ini secara mendetail melalui replica.

Dengan begitu buah hati Anda pun bisa memahami bagian dalam dari telinga mulai dari gendang telinga, rumah siput, saluran telinga, dan bagian lainnya beserta fungsi kerjanya. Bagian-bagian mulut sebagai indera perasa mulai lidah, gigi, gusi, dan lainnya pun bisa dipelajari.

3. Lantai tiga

Berbeda dengan lantai satu dan dua, di lantai ketiga ini berisi lebih banyak bagian tubuh, mulai dari mata, jantung, hidung, pembuluh darah, hati dan organ pencernaan seperti lambung, usus, serta ginjal.

Jadi, indera penglihatan, organ penting di dalam tubuh manusia, dan organ pencernaan bisa dipelajari para wisatawan, khususnya anak-anak di lantai 3 ini. Dalam setiap bagian juga telah diberi tulisan nama organ tersebut beserta fungsinya, sehingga Anda bisa mempelajari dengan sendirinya tanpa bimbingan orang lain.

4. Lantai basement satu

Lantai ini dikhususkan untuk anak berusia lebih dari 15 tahun karena mulai mempelajari tentang alat reproduksi manusia. Di sini bagian-bagian alat reproduksi baik pria maupun wanita dijelaskan secara mendetail, terlebih lagi akan fungsi-fungsinya. Dengan begitu para wisatawan akan paham, dan bagi anak remaja bisa mengerti bagian-bagian tersebut sebagai pembelajaran.

5. Lantai basement dua

Wisata Batu yang satu ini memang memiliki 2 lantai bawah tanah dan 4 yang mempelajari bagian tubuh manusia. Nah, di basement 2 ini Anda dapat mempelajari bagian-bagian tulang dan sendi yang ada di tubuh manusia. Hal ini pula yang dipelajari dan harus diketahui oleh anak seusia SD, mulai dari macam-macam sendi dan tulang, fungsi tulang, dan cara gerak sendi-sendi tulang.

6. Lantai top roof

Bagian teratas dari bangunan museum tubuh The Bagong Adventure ini merupakan bagian paling menarik, dimana Anda bisa memeriksakan kesehatan Anda secara gratis. Jadi, setelah mempelajari bagian-bagian tubuh atau anatomi tubuh dari lantai basement hingga lantai 3, Anda bisa memeriksakan kesehatan mata, tekanan darah, gula darah, dan lainnya di lantai teratas ini.

Terbukti kan bahwa wisata edukasi ini sangat lengkap dan sangat disayangkan bila tidak dikunjungi? Selain bertamasya, Anda juga mendapat banyak manfaat di museum tubuh yang unik ini. Pengetahuan anatomi tubuh manusia pun semakin banyak didapat oleh buah hati Anda. Jadi, dijamin tidak akan menyesal berkunjung di wisata Batu berupa museum ini.

Penjelasan mengenai bagian-bagian tubuh manusia di museum ini bisa Anda lihat melalui tulisan yang ada di layar elektronik yang bisa disentuh seperti layaknya handphone. Selain itu, untuk menambah kepuasan, ada beberapa guide yang siap sedia melayani dan menjelaskan Anda bagian-bagian tubuh manusia, tidak tanggung-tanggung, guide-nya pun sebagian besar dari akademi keperawatan.

Harga Tiket Masuk

Setelah mengetahui kelebihan dari museum tubuh, lalu berapa sih tiket masuk yang Anda keluarkan untuk menikmati wisata ini? Untuk hari biasa, tiket masuk wisata tubuh Bagong ini adalah Rp 40.000 saja, sedangkan di hari minggu harga tiketnya mencapai Rp 60.000. Nominal yang cukup menggiurkan untuk sebuah wisata edukasi yang lengkap ini.

Selain itu, ada pula penawaran paket wisata museum tubuh dan Jatim Park 1 yang hanya mencapai Rp 100.000. Dengan paket wisata ini Anda akan menikmati wahana seru sekaligus wisata edukasi yang menyenangkan.

So, Anda bisa berkunjung ke wisata edukasi di Batu ini kapanpun Anda bisa, di hari Minggu sekalipun. Juga jangan khawatir tidak muat ya, karena museum tubuh memiliki kapasitas 1500 pengunjung. Tunggu apa lagi? Ajaklah keluarga Anda berwisata ke The Bagong Adeventure di Kota Batu, Jawa Timur ini!

loading...

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 204 788 678 (SMS+Telp) dan 085 855 958 388 (WA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *