Pantai Sipelot : Surga Tersembunyi Yang Sepi, Asri Nan Alami Di Malang

Apakah Anda sudah bosan pergi ke tempat wisata yang ramai dan ingin mencoba objek wisata yang sepi, asri nan alami? Cobalah datang ke wisata pantai di Malang, namanya Pantai Sipelot. Selain akan dimanja oleh pesona pasir yang berwarna kecoklatan dan keindahan laut biru, Anda juga akan mendapatkan aliran air terjun yang jernih dan letaknya tepat di pinggir pantai.

Pantai Sipelot menyuguhkan kesejukan alami karena dikelilingi perbukitan kapur tampak kehijauan karena ditumbuhi pepohonan. Menurut cerita,  dulu pada zaman penjajahan Belanda pantai ini sering dijadikan tempat persinggahan. Asal nama pantai ini adalah “Spelot” berasal dari bahasa Belanda yang memiliki arti “persinggahan”.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sipelot

Pantai Sipelot juga terkenal dengan sebutan Pantai Pujiharjo karena lokasinya memang berada di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Jika dari Malang Kota Anda bisa mengarahkan kendaraan ke Gadang – Bululawang – Turen – Dampit – Tirtoyudo – Pertigaan – Arah Kanan – Desa Pujiharjo – Lokasi Pantai Sipelot.

Rute menuju ke Pantai Sipelot memang lumayan agak jauh dari Kota Malang, setelah sampai di Desa Pujiharjo Anda akan disuguhi pemandangan tebing, jurang, perkebunan kopi dan pisang dan tambak udang. Tidak ada transportasi umum yang menuju ke lokasi pantai, maka sebaiknya membawa kendaraan pribadi. Tiket masuk ke Pantai Sipelot gratis, namun pada saat momen liburan biasanya akan ditarik karcis Rp.3.000,- oleh penduduk sekitar dan itupun juga digunakan untuk pengelolaan objek wisata pantai tersebut.

Pesona Keindahan Pantai Sipelot

Meskipun Pantai Sipelot tidak sepopuler Pantai Balekambang, Pantai Goa Cina, Pantai Ngliyep, Pantai 3 Warna dan Pantai Bajulmati serta bukan pantai unggulan di Kabupaten Malang, namun hamparan pasir kecoklatan disana tidak akan kalah jika dibandingkan dengan pantai-pantai terkenal di Malang. Pantai Sipelot membentang dari kanan ke kiri dengan panjang 2 km dan area ini terbagi menjadi 3 bagian. Untuk tempat wisata biasanya disebalah kanan dan kiri, sedangkan di bagian tengah diisi oleh jejeran perahu nelayan yang sedang berlabuh.

Deburan ombak yang datang silih berganti tentunya akan memanjakan mata yang memandang, terkadang deburannya sangatlah ganas namun terkadang biasa-biasa saja. Ini disebabkan letak pantai sipelot berada di sebuah teluk yang dan di kanan kirinya merupakan cerukan dataran yang bisa melindungi dari ganasnya terjangan ombak pantai selatan. Tapi untuk keamanan hindari mandi di lautan lepas karena ditakutkan adanya ombak ganas yang datang secara tiba-tiba. Di bagian ujung timur pantai terdapat air payau yang berwarna kehijauan.

Keindahan Air Terjun Sipelot

Meskipun Anda tidak bisa bebas berenang di pantai, namun jangan kecewa dulu karena pantai ini memiliki pesona alam lainnya yang sayang untuk dilewatkan, yaitu Coban Sipelot. Letak Air Terjun Sipelot ini berada di sebelah barat pantai dengan ketinggian mencapai 10 meter. Aliran airnya berasal dari balik bukit yang terlihat kehijauan nan sejuk dipandang mata. Jadi, jika sempat berkunjung ke Pantai Sipelot, Anda akan disuguhi 2 pemandangan sekaligus, yaitu wisata pantai yang menakjubkan dan pesona air terjun yang mengagumkan.

Untuk mencapai lokasi Coban Sipelot, anda bisa berpetualang dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak ke arah bukit bagian barat. Anda bisa menitipkan kendaraan di rumah-rumah penduduk sekitar. Tapi jika punya budget lebih, Anda bisa menyewa perahu untuk menyeberangi teluk dengan tarif antara 25.000 – 50.000 rupiah.

Pesona sunrise di Pantai Sipelot juga sangat menakjubkan, jadi tidak ada salahnya jika Anda menginap dan mendirikan tenda di pantai malang selatan yang satu ini. Kemilau mentari pagi, deburan ombak, deru angin pantai, bukit hijau dan gugusan karang di pantai menjadi paduan sempurna saat Anda menyambut matahari terbit di Pantai Sipelot.

Fasilitas Di Sekitar Pantai

Fasilitas yang tersedia masihlah sangat sederhana sekali, disana Anda bisa menemukan tempat parkir, tempat beribadah dan MCK. Jika butuh makanan juga tersedia warung-warung sederhana milik warga sekitar. Tapi sayang, di sekitar pantai masih terlihat banyak sampah berserakan. Dibutuhkan pengelolaan yang serius agar Pantai Sipelot menjadi pantai yang bebas sampah dan memiliki daya tarik tersendiri sertapada akhirnya banyak wisatawan yang datang mengunjunginya.

Setelah puas bermain-main di Pantai Sipelot, Anda juga bisa mencoba mengunjungi objek wisata lainnya yang berdekatan dengan Pantai Sipelot, yaitu Pantai Lenggoksono dan Pantai Banyu Anjlok.

loading...

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 204 788 678 (SMS+Telp) dan 085 855 958 388 (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *