Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Surganya Pecinta Surfing

The Sunrise Of Java, sebutan tersebut sekiranya sangat pantas disematkan untuk kabupaten Banyuwangi. Kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa. Banyak wahana wisata yang bisa menjadi tujuan keluarga untuk menghilangkan penat di Banyuwangi.

Misal, Taman Nasional Baluran, Kawah Ijen, Pantai Plengkung G Land, yang mana tempat-tempat wisata tersebut tidak bisa dikesampingkan dengan wisata-wisata berkelas lainnya seperti Padang Savana Gunung Bromo dan lainnya.

Serta banyak lagi tempat wisata lainnya yang bisa menjadi opsi keluarga saat liburan. Kali ini, artikel berikut akan sedikit mengulas mengenai salah satu wisata di Banyuwangi yakni Pantai Pulau Merah. Sangat tidak afdol rasanya jika berkunjung ke Banyuwangi namun tidak sempat menikmati wisata Pantai Pulau Merah terlebih dahulu.

Lokasi Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai pulau merah sendiri terletak di kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Kenapa disebut “Pulau Merah”? Hal ini dikarnakan di sana terdapat bukit kecil yang tanahnya berwarna merah. Pengunjung bisa menikmati bukit ini saat air surut sebab bukit ini terletak di bibir pantai sendiri. Apakah anda pecinta olahraga selancar?

Perlu diketahui juga kalau Pantai Pulau Merah sangat ideal untuk para peselancar (surfing) sebab ketinggian ombak yang bisa mencapai 3 sampai 5 meter, sehingga tidak baik untuk digunakan berenang terlebih untuk anak kecil. Banyak sekali turis-turis yang berkunjung ke pantai ini, sebab keindahan Pantai Pulau Merah.

Pasir pantai yang berwarna putih yang memanjang 3 kilometer, serta keindahan bukit hijau yang tanahnya bewarna merah, cukup menjadikan pantai ini sebagai referensi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk sejenak menikmati Pantai Pulau Merah.pulau merah banyuwangi

Wisata Kuliner Khas Banyuwangi Di Pantai Pulau Merah

Lokasi tempat Pantai Pulau Merah cukup dekat dengan pemukiman warga, warga pun sangat menjaga wahana wisata ini dengan kebersihan dan sebagainya. Sektor ekonomi masyarakat setempat juga mulai membaik sejak diselenggarakannya event selancar internasioal secara rutin sejak tahun 2012. Warga setempat pun memanfaatkannya dengan mencari nafkah melalui bidang kuliner, penginapan murah sampai jasa latihan berselancar pun (surf school) sangat membantu ekonomi warga setempat.

Pantai Pulau Merah merupakan berkah bagi warga, begitulah kiranya. Jika anda berkunjung ke Pantai Pulau Merah, di jalur masuk pantai anda akan disuguhkan dengan banyaknya penjual makanan oleh warga setempat sehingga anda tidak perlu khawatir untuk berlama-lama di pantai ini karena takut lapar.

Anda bisa menikmati banyak makanan khas Banyuwangi sendiri, rujak soto, pecel rawon, pecel kare dan juga kuliner yang sangat kesohor adalah rujak soto. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, kiranya kata bijak tersebut untuk para wisatawan Pantai Pulau Merah, menikmati indahnya pantai serta berselancar ria, tak luput kuliner khas Banyuwangi dan makanan khas Jawa Timur lainnya yang sangat lezat juga bisa menjadi hidangan di pantai Pulau merah.

Pantai Pulau Merah sebagai Wahana Para Pecinta Selancar (Surfing)

Presiden Asosiasi Selancar Indonesia atau INSA, Jro Made mengungkapkan, Pantai Pulau Merah memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan pantai-pantai lain sebab dengan ketinggian ombak yang relatif 2-5 meter, para peselancar baik yang masih amatir sampai professional bisa dengan nyaman berselancar ria.pantai pulau merah

Berbeda halnya dengan pantai lai seperti G-Land dan Plengkung yang hanya condong untuk peselancar professional sebab ketinggian ombaknya yang tinggi. Selain itu, kelebihan Pantai Pulau Merah adalah ombaknya sangat mendukung untuk para peselancar ber-manuver sebab ombaknya yang lebih serius. Dan juga, jarangnya karang di dasar pantai membuat aman para peselancar.

Tiket Masuk Pantai Pulau Merah

Ombak laut yang tinggi dapat anda dapatkan saat bulan April-Mei serta September-Desember. Event selancar internasional pun tak jarang diselenggarakan di pantai ini. Banyak hal yang bisa anda lakukan di Pantai Pulau Merah: berfoto ria, bermain pasir, berjemur ria menikmati senja dan banyak hal lainnya. Mengenai tiket masuk anda tidak perlu was-was, sebab harga tiket untuk masuk ke pantai ini sangat murah yakni hanya 2.500 rupiah saja per orangnya.

Sangat indah bukan !!! Rencanakan liburan anda mulai sekarang ke tempat ini bersama keluarga atau teman. Rute jauh? Semuanya akan terbalaskan dengan indahnya Pantai Pulau Merah di Banyuwagi ini. Harga mahal? Tiket masuk cukup 2.500 rupiah saja. Pecinta selancar (surfing)? Tempat ideal bagi anda. Dan banyak lagi yang bisa anda peroleh di Pantai Pulau Merah, Banyuwangi.

Baca juga: Menginap Di Hotel Bingtang Lima Danau Ranu Kumbolo

Share

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 204 788 678 (SMS+Telp) dan 085 855 958 388 (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *