Pantai Banyu Anjlok, Wisata Air Terjun Unik Di Malang Selatan

Kota Malang memang menjadi destinasi favorit para wisatawan, cuaca dan hawanya yang sejuk sangat cocok untuk menghabiskan akhir pekan sekaligus melepas penat di kota apel ini. Selain wisata keluarga dan wisata edukatif, kota Malang juga banyak memiliki tempat wisata alam yang tersembunyi di sudut-sudut pelosoknya.

Mungkin bagi sebagian traveller belum ada yang tau bahwasanya Kota Malang memiliki tempat wisata yang sangat istimewa, yaitu sebuah pantai indah yang sekaligus memiliki air terjun dengan ketinggian 7 meter, yaitu Pantai Banyu Anjlok. Wisata pantai dan sekaligus wisata air terjun di Malang ini hampir mirip dengan Pantai Jogan di Kabupaten Gunung Kidul Jogja, keduanya memiliki air terjun yang aliran airnya langsung jatuh ke bibir pantai.

Kata Banyu Anjlok merupakan bahasa jawa yang berarti air yang jatuh. Hampir sama dengan objek wisata air terjun yang berada di Gunung Kidul Jogja, yaitu Banyunibo yang juga memiliki arti air yang sedang jatuh. Keberadaan air terjun yang aliran airnya cukup jernih di Pantai Banyu Anjlok ini tentu akan menggoda para traveller untuk berbasah-basah ria menikmati sensasi jatuhnya air di pinggiran batu besar tersebut. Aliran airnya tidak mengalir deras dalam satu titik, tetapi mengalir melebar dan menyebar mengikuti lebarnya batu karang yang besar. Di bawah air terjun tersebut terdapat sebuah lobang goa kecil dan untuk masuk kesana traveller harus menerobos derasnya air terjun tersebut.

Banyu Anjlok merupakan satu-satunya wisata air terjun di Kabupaten Malang yang berdekatan atau berada di bibir pantai. Aliran airnya berasal dari atas bukit dan jika Anda naik keatas maka akan menemukan cekungan yang lumayan cukup lebar dan bisa bisa dijadikan untuk berendam dan berenang. Harga tiket masuk ke Pantai Banyu Anjlok hanya dibandrol Rp.5.000,- per orang.

banyu anjlok malang dampitLokasi Pantai Banyu Anjlok

Jarak dari pusat kota Malang kurang lebih memakan waktu 4 jam perjalanan menuju ke Air Terjun Banyu Anjlok. Letak Pantai Banyu Anjlok ini berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Untuk sampai kesana, traveller bisa mengarah ke selatan Kabupaten Malang, tepatnya ke Kecamatan Dampit. Setelah itu teruskan perjalanan ke arah Kabupaten Lumajang, hingga nanti bertemu dengan pertigaan Kecamatan Tirtoyudo. Ambil arah kanan yang menuju Pujiharjo dan Pantai Sipelot. Jarak dari pertigaan Tirutoyudo ke arah Banyu Anjlok kurang lebih 30 km.

Terus ikuti jalan utama hingga bertemu dengan pertigaan yang terdapat papan penunjuk arah Pantai Lenggoksono dan Pantai Wediawu. Ikuti arah yang menunjukkan ke Pantai Lenggokso hingga nantinya ketemu dengan pos tiket masuk di Desa Purwodadi. Jangan kaget, dari desa terakhir ini traveller akan melewati jalan sepanjang 5 km dan di kanan kirinya diapit oleh jurang yang dalam. Di sepanjang perjalanan juga terdapat banyak perkebunan cengkeh milik warga desa, memang tak heran karena Dusun Lenggoksono Desa Purwodadi menjadi penghasil cengkeh terbesar di Kabupaten Malang.Dari pos tiket traveller bisa bertanya arah jalur darat untuk menuju ke Pantai Banyu Anjlok.

pantai banyu anjlok malangSurga Bagi Pemancing Mania

Objek wisata ini telah menjadi area ekowisata dan langsung disahkan oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia. Selain menikmati keindahan alam di Pantai Lenggoksono dan Banyu Anjlok, para wisatawan juga bisa menyalurkan hobi memancing di tempat indah ini. Pantai Lenggoksono terkenal dengan ikannya yang beragam jenis seperti lobster, cumi-cumi, cakalang, layar dan layur. Pantai ini juga menjadi tempat budidaya beragam jenis lobster seperti lobster batu, lobster pasir dan lobster mutiara.

Ada sebuah goa bawah laut di area Pulau Gadung yang menurut masyarakat setempat menjadi sarang lobster bertelur dan merupakan pusat sarangnya. Tempat ini selalu dijaga dengan baik dari kenakalan para nelayan yang tidak bertanggungjawab, seperti menggunakan potasium ketika menangkap ikan.

Itulah sedikit informasi tentang objek wisata Pantai Banyu Anjlok di Malang selatan yang tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Jika Anda sedang berlibur ke kota Malang, sempatkanlah datang ke tempat ini karena pasti dijamin akan senang berlama-lama di tempat tersembunyi dan eksotis ini.

Share

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 204 788 678 (SMS+Telp) dan 085 855 958 388 (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share