Paket Wisata Danau Ranu Kumbolo Dan Gunung Bromo 3 Hari 2 Malam

Letak danau Ranu Kombolo dan Gunung Bromo masih berada dalam satu lokasi wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Keduanya termasuk wisata populer di Jawa Timur yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Objek wisata Ranu Kumbolo dan Gunung bromo merupakan destinasi terbaik yang wajib Anda kunjungi setidaknya sekali dalam seumur hidup. Panorama keindahannya merupakan secuil surga yang menyajikan nuansa alam yang sungguh memukau.

Perjalanan Paket Wisata Rakum Bromo

Hari 1 : Mengunjungi Danau Ranu Kumbolo

  • Start Perjalanan Dari Malang

Akses termudah yang paling sering digunakan wisatawan untuk berkunjung ke danau Ranu Kumbolo adalah dari Kota Malang. Jadi start perjalanan akan kita mulai dari Kota Apel ini. Tapi bisa juga nanti penjemputan dari kota di sekitar Malang, seperti Surabaya dan lainnya.

Start perjalanan nantinya akan dimulai dari jam 7 pagi menuju ke Kecamatan Tumpang Malang karena disinilah tempat mangkal jeep yang akan membawa kita ke Desa Ranupane di Lereng Gunung Semeru.

  • Menuju Desa Ranupane

Perjalanan dari Tumpang ke Ranupane kurang lebih memakan waktu 2 jam perjalanan. Kita akan melawati jalur curam yang di kanan kirinya terdapat jurang yang menganga. Tapi tidak usah khawatir karena para driver jeep sudah profesional dan hampir tiap hari melewati jalur ini.

Di tengah perjalanan, tepatnya di daerah Jemplang kita akan berhenti sejenak untuk berfoto ria dengan background padang pasir berbisik dan padang savana Gunung Bromo. Iya, Jemplang ini merupakan sebuah dataran tinggi di dekat gunung bromo. Disini terdapat pertigaan, arah ke kiri menuju Gunung Bromo dan arah lurus menuju Danau Ranu Kumbolo Gunung Ssemeru.

  • Urus perijinan pendakian

Di Ranupane nantinya kita akan mengurus simaksi pendakian. Ada beberapa persyaratan wajib yang harus dibawa oleh para pengunjung Gunung Semeru atau Ranu Kumbolo. Diantaranya adalah  peralatan pendakian lengkap, surat keterangan sehat, foto copy KTP dan yang lainnya.

Di resort Ranupane juga akan diadakan briefing kepada semua pendaki. Pihak petugas akan memeriksa peralatan pendakian dan memberitahukan beberapa larangan yang harus dipatuhi ketika mendaki ke Gunung Semeru.

  • Ranu kumbolo adventure

Setelah simaksi sudah beres, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju danau Ranu Kumbolo. Waktu yang dibutuhkan berkisar 5 jam perjalanan dengan melewati 5 pos di tengah-tengah perjalanan. Persiapkan fisik dan mental Anda, karena nantinya kita akan melewati jalur setapa yang terjal, landai dan berkelok.

Lelah dan capek itu sudah pasti, namun semua akan terbayarkan ketika kita sudah sampai di Rakum. Kita akan disambut bentangan danau yang luas serta padang savana yang menyejukkan mata. Keringat lelah yang  bercucuran selama perjalanan akan hilang. Semua akan digantikan dengan rasa puas yang tak terbayangkan.

Pada malam harinya, kita akan camping di tenda ditemani hawa dingin yang menusuk tulang. Tapi yang perlu Anda ketahui, bermalam di Ranu Kumbolo itu jauh lebih nikmat dari Hotel Bintang 5 sekalipun, karena di Rakum ada beribu-ribu bintang yang menyinari kita. Dan jika beruntung, kita akan menikmati indahnya Milky Way pada dini hari.

  • Malang – Tumpang – Ranupane 3 jam (transport jeep)
  • Mengurus simaksi pendakian di Ranupane 1 jam
  • Ranupane – Ranu Kumbolo 5 jam (jalan kaki)

Hari 2 : Tanjakan Cinta Dan Oro-Oro Ombo (Taman Bunga)

  • Sunrise di Ranu Kumbolo

Padi pagi hari di hari yang kedua, usahakan bangun agak pagi agar kita bisa menikmati panorama sunrise dari pinggiran danau. Kalahkan rasa dingin yang menusuk tulang dan anggap saja itu sebuah tantangan. Sudah capek-capek dan penuh perjuangan, masak mau mbangkong (tidur kesiangan).

Menikmati sunrise di pinggiran pantai itu sudah terlalu mainstream. Lalu kapan lagi kita akan menikmati sunrise yang harus diperjuangkan dengan rasa lelah dan cucuran air mata? Eh salah, maksudnya cucuran keringat.

Matahari akan terbit dari celah punggungan di seberang tempat kita mendirikan tenda. Disana kita bisa menggelar matras seraya sambil bercengkrama dengan para sahabat dan orang terdekat. Sungguh suasana yang sangat menyenangkan.

  • Tanjakan Cinta

Setelah puas menimati sunrise dan berjemur di hangatnya mentari pagi untuk menghilangkan rasa dingin, kita coba pemanasan otot yang tegang dengan manggapai berjalan kaki menggapai puncak Tanjakan Cinta.

Kenapa dinamakan demikian? Ada sebuah mitos di kalangan para pendaki Gunung Semeru, jika kita berjalan kaki dari start sampai puncak tanpa beristirahat dan tanpa menoleh ke belakang maka para pendaki yang jomblo nestapa akan segera mendapatkan pasangan. Boleh percaya boleh tidak?

  • Oro-Oro Ombo

Di balik bukit Tanjakan Cinta ini terdapat suatu lokasi yang tidak kalah menarik dari Ranu Kumbolo, namanya Oro-Oro Ombo. Disini terdapat Taman Bunga Lavender, eh maksudnya Taman Bunga yang berwarna ungu dan mirip dengan bunga lavender. Selain itu juga terdapat padang savana yang cukup luas.

Tidak ada salahnya jika kamu mencoba mengabadikan keindahan alam di taman bunga alami ini. Berfoto dengan latar belakang warna ungu dari bunga-bunga yang bertebaran disini sungguh akan menghasilkan foto yang mengagumkan.

Setelah puas bermain di Oro-Oro Ombo, kita akan kembali ke tenda untuk menikmati sarapan pagi dan secangkir kopi hangat. Dan kemudian dilanjutkan perjalanan pulang ke penginapan home stay di Desa Ranupane.

Hari 3 : Explore Objek Wisata Gunung Bromo

Ada 4 titik wisata yang akan kita explore di Gunung Bromo, meliputi spot point untuk menikmati sunrise Penanjakan, Pasir Berbisik, Kawah Bromo dan Bukit Teletubbies (padang savana).

Start perjalanan dari home stay Ranupane dimulai dari jam 3 dini hari menuju ke Puncak Penanjakan. Kita akan menggunakan transportasi jeep melewati dinginnya malam. Jangan lupa gunakan jaket, masker dan penutup kepala supaya lebih aman dari gangguan hawa dingin.

Setelah puas  menikmati matahari terbit, perjalanan dilanjutkan ke Padang Pasir Berbisik dan menaiki puncak Gunung Bromo untuk menikmati kawah. Pada perjalanan pulang nanti akan mampir di padang savana gunung bromo dan dilanjutkan kembali ke kota Malang.

Pilihan Paket Lainnya

Selain paket wisata rakum bromo 3 hari 2 malam, kami juga menyediakan beberapa pilihan paket alternatif lainnya. Diantaranya adalah :

Atau Anda juga bisa membuat costum pilihan paket sendiri dan silahkan informasikan kepada kami. Silahkan Anda pilih sesuai keinginan. Jadikan liburan Anda lebih berkesan bersama kami. Kami akan melayani dengan sepenuh hati.

loading...

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 339 122 865 (SMS/Telp/WA) dan 085 855 958 388 (WA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *