Mengintip Keindahan Pantai Teluk Hijau Di Banyuwangi

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi merupakan kawasan wisata yang memiliki pesona luar biasa meliputi pemandangan khas yang berbeda dari lokasi sejenis lainnya. Jaraknya memang cukup dekat dengan Pulau Dewata Bali yang kesohor dengan wisata pantainya ke seluruh dunia. Tapi Kabupaten Banyuwangi sebagai “Sunrise of Java” juga tak kalah eksotisnya jika dibandingkan dengan Pulau Bali. Kota Banyuwangi tak cuma dikenal dari kawasan wisata Plengkung, Pantai Pulau Merah dan Pantai Watu Dodol yang memiliki pantai cantik nan alami. Namun di Pantai Teluk Ijo Anda akan mengagumi wujud nyata dari hamparan pasir putih yang berpadu dengan teluk karang dan air terjun yang sangat menawan.

Teluk Hijau atau Green Bay disebut-sebut sebagai surga tersembunyi yang mengendap di Kabupaten Banyuwangi. Jaraknya memang cukup jauh dari pusat Kota Banyuwangi sehingga belum terekspos secara maksimal. Sesuai dengan namanya, teluk ini memang berwarna hijau segar. Sehingga membuatnya berbeda dari kebanyakan laut atau teluk yang berwarna biru khas. Mengapa warnanya berbeda? Penyebabnya tak lain adalah pantulan alga di dasar perairan yang berwarna hijau dan hampir mendominasi spot.

pantai teluk ijo banyuwangiTempat wisata Teluk Ijo Banyuwangi ini cukup ramai dikunjungi wisatawan pada saat-saat liburan. Jadi jika Anda ingin datang kesana sebaiknya pada saat hari libur saja, karena tentunya akan lebih asyik melakukan perjalanan menuju ke lokasi dan menikmati wisata pantai beramai-ramai.

Semua wisatawan diwajibkan melakukan registrasi dan mengisi Guest Book di Pos Taman Nasional Meru Betiri. Harga tiket perijinan per orang 7.500 rupiah, mobil 10.000 rupiah dan sepeda motor 5.000 rupiah. Harga tersebut berlaku per hari dan dengan tiket tersebut sudah bisa mengunjungi semua objek wisata di Taman Nasional, yaitu Pantai Rajegwesi, Pantai Sukamade dan Pantai Teluk Hijau.

Lokasi Pantai Teluk Hijau

lokasi pantai teluk hijauLokasi teluk ini berada di Desa Sarongan, tepatnya di wilayah selatan Pesanggrahan. Sebetulnya kawasan ini merupakan bagian dari Taman Nasional Meru Betiri. Jadi, jika Anda ingin mengunjungi teluk ini, jalur wisata yang ditempuh terlebih dahulu akan mengunjungi Pantai Rajegwesi yang merupakan persinggahan terakhir sebelum bertolak ke Pantai Teluk Hijau. Jaraknya kurang lebih 90 km ke arah selatan kota Banyuwangi.

Untuk sampai di Pantai Rajegwesi dibutuhkan waktu kurang lebih 3-4 jam perjalanan dari pusat kota. Nantinya Anda akan melewati Taman Nasional Meru Betiri dan Sukamade. Lokasinya cukup strategis sebagai titik tolak sebelum melanjutkan perjalanan ke dua kawasan wisata tersebut.

Namun sangat disayangkan jika Anda hanya mengamati teluk ini dari atas bukit. Luangkan waktu sejenak untuk turun dan menikmati keindahan nyata bersama pasir putih di Teluk Hijau tersebut. Di sanalah para wisatawan bisa menikmati suasana eksotis di antara laut dan daratan.

Fasilitas yang berada di sekitar pantai sangatlah kurang, Anda tidak dapat menemukan penginapan dan warung makan di objek wisata ini. Jika ingin menginap, sebaiknya Anda mempersiapkan lebih dahulu segala kebutuhan yang diperlukan disana, seperti tenda dan makanan.

Jalur Petualangan Wisata Ke Teluk Hijau Banyuwangi

teluk hijau green bay banyuwangi1. Perahu Nelayan

Anda bisa menyewa perahu nelayan yang ada di Pantai Rajegwesi dengan 35.000 per orang. Waktu tempuh jika menggunakan jalur laut ini sekitar 15 menit. Salah satu tantangan di jalur ini adalah hembusan ombak pantai selatan yang cukup besar akan menemani perjalanan Anda.

2. Mengendarai Ojek

Wisatawan juga bisa menghubungi warga Desa Rajegwesi yang bersedia mengantarkannya ke lokasi dengan mengendarai sepeda motor. Untuk masalah harga, nanti bisa melobby secara langsung ke penduduk tersebut.

3. Berjalan Kaki

Anda juga bisa berjalan kaki dari Desa Rajegwesi dengan waktu tempuh kurang lebih 1 hingga 2 jam. Wisatawan akan melewati pemukiman penduduk dan pada akhirnya akan memasuki kawasan hutan dengan jalur setapak yang cukup terjal. Namun jangan khawatir, karena di sepanjang jalur perjalanan sudah dipasangi tali tambang untuk pengaman.

Sebelum sampai di Teluk Ijo, wisatawan terlebih dahulu akan melewati Pantai Batu yang di sepanjang garis pantainya dipenuhi dengan batu-batu alam yang indah. Di pantai ini wisatawan bisa singgah sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Lokasi teluk hijau ini cenderung rumit untuk diakses karena terdiri dari jalur curam dan setapak yang rimbun pepohonan besar. Untuk menuruni bukitnya, para wisatawan harus menerobos kawasan hutan dan cukup menguras tenaga. Oleh karena itu, disarankan untuk menikmati jalur perjalanan dengan santai dan tak perlu terburu-buru.

Kepuasan sebenarnya baru akan dirasakan sesaat setelah mendengar debur ombak yang bersahutan, serta menginjakkan kaki di areal terbuka. Areal tersebut adalah Pantai Batu yang membentuk garis batas perairan dan daratan. Jarak yang perlu ditempuh ke Teluk Hijau kira-kira masih sekitar 300-an meter.

Kawasan teluk ini benar-benar tersembunyi dan seolah-olah dirahasiakan oleh alam. Sehingga Anda harus mengikuti jalur dan petunjuk dengan cermat supaya bisa segera mengaksesnya. Penandanya adalah sepasang batu karang yang seolah-olah menjadi pintu gerbang menuju surga tersebut. Tepat ketika mulai melihat hamparan pasir putih, di situlah letak Teluk Hijau yang sebenarnya.

3 Hal Unik Di Teluk Hijau Banyuwangi

pantai teluk hijau banyuwangi1. Air Terjun Pelangi

Warga Desa Rajegwesi mempercayai bahwa keberadaan air terjun dengan tinggi 8 meter di sekitar pantai mempunyai kisah tentang bidadari. Warga desa percaya, saat musim hujan akan muncul pelangi yang membentang indah di langit. Dan konon ceritanya, ujung hulu dari pelangi tersebut berada di Green Bay. Dan orang-orang yang mempunyai ilmu spiriritual yang tinggi dapat melihat keberadaan perempuan cantik yang sedang mandi saat pelangi tersebut muncul.

2. Pantai Batu atau Teluk Batu

Pantai Batu persis berada dibalik Teluk Hijau, keduanya hanya dipisahkan oleh jalan setapak yang berjarak beberapa meter saja. Teluk Batu ini sangat kontras keberadaanya jika dibandingkan dengan Teluk Hijau. Teluk Batu dipenuhi oleh bebatuan alam yang masih alami. Menurut cerita, Pantai Batu dulu juga memiliki pasir putih yang indah, namun sejak tsunami 1994 batu-batu yang terletak di dasar lautan bergeser ke pinggiran pantai.

3. Sumber Air Tawar

Di Teluk Batu terdapat sumber air tawar yang merupakan aliran dari Air Terjun Pelangi. Banyak wisatawan yang membilas kaki di tempat ini.

4. Gubuk dan Ayunan

Meskipun tempatnya sangat terpencil, fasilitas yang bisa ditemukan di objek wisata banyuwangi ini adalah satu-satunya gubuk tempat berteduh dan 2 ayunan dari ban yang bergelantungan di bawah pohon besar.

Pasir Putih Bersih Nan Eksotis

Teluk ini memang sangat istimewa dan benar-benar alami. Di sekitar pepohonan dan tebing banyak ditemui monyet liar yang bergelantungan. Hamparan pasir putihnya begitu bersih seolah-olah belum pernah dijamah. Selain itu, butiran pasirnya sangat halus dan lembut. Suasananya begitu tenang dan nyaman sehingga jalur perjalanan di bukit curam sebelumnya akan terbayarkan tuntas.

Anda bisa duduk santai, bermain air, atau bahkan berniat berenang di tepian. Jangan lupakan untuk menikmati kesegaran air terjun yang tingginya kurang lebih 8 meter di kawasan tersebut yang juga menjadi salah satu daya tarik dari Teluk Hijau Green Bay Banyuwangi.

Pantai Teluk Hijau dan juga beberapa pantai lain yang berada dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini membuktikan bahwa kekayaan alam di Indonesia memang sangat luar biasa. Jika di negri sendiri lebih indah, kenapa harus jauh-jauh pergi ke negri orang lain?

Baca juga: Pesona Keindahan Gunung Bromo Dan Gunung Semeru

Share

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 204 788 678 (SMS+Telp) dan 085 855 958 388 (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *