Makam Bung Karno, Wisata Sejarah Di Kota Blitar

Ziarah Wisata dan Sejarah – Makam Bung Karno merupakan wisata sejarah yang tak boleh dilewatkan oleh para wisatawan lokal. Karena di sinilah letak persemayaman terakhir dari salah satu proklamator kemerdekaan sekaligus presiden pertama kita.

Selain itu, makam yang selalu ramai dikunjungi para peziarah dan wisawatan ini memendam sejumlah misteri dan daya tarik yang selalu mengundang banyak orang. Tidaklah heran, jika komplek makam tersebut menjadi objek wisata sejarah di Jawa Timur yang ramai dikunjungi.

Lokasi Makam Presiden Soekarno

Peristirahan terakhir Bung Karno ini terletak di kota Blitar, Jawa Timur. Tepatnya di Bendogerit, Sananwetan. Jaraknya sekitar 3 km dari kota Blitar. Dari kota Malang, kota Blitar ini bisa ditempuh dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 sampai 2 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jadi jika Anda sedang mengunjungi kota wisata Malang, maka sempatkanlah juga berkunjung ke kota Blitar untuk berziarah ke tempat peristirahatan terakhir sang proklamator kemerdekaan RI tersebut. (Baca juga: Paket Wisata Bromo Dari Kota Malang Murah Meriah)

Setiap pengujung juga tidak dipungut biaya tiket masuk. Nah, bagian depan dari kawasan makam ini dilindungi oleh gapura Agung yang besar dan menjulang. Sangat memikat perhatian siapapun untuk sekadar menjadikannya latar belakang foto.

Nah, setelah memasuki gapura, Anda sudah bisa melihat makam sang presiden yang dinaungi oleh bangunan besar berbentuk rumah joglo. Sempatkan diri untuk duduk mendoakan sang proklamator yang dimakamkan persis di antara makam kedua orang tua beliau. Di sebelah kanannya adalah Ibunda Ida Aju Njoman Rai dan di sebelah kiri adalah Raden Soekemi Sosrodihardjo. Memang misteri makam bung karno ini penuh rahasia tersembunyi yang mungkin hanya orang-orang tertentu yang bisa mengetahuinya.

Arsitektur bangunan dan makam sangat kental tradisi Jawa termasuk pada cungkup makam beliau yang dinamai Astono Mulyo. Ukirannya begitu indah dengan motif cantik dan sangat khas tradisi Jawa. Tepat di atas makam diletakkan batu pualam hitam yang menjelaskan nama dan keterangan sang proklamator.

Sebetulnya ada banyak perombakan dari kawasan Makam Bung Karno, terutama dari ruangan tempat nisan itu berada. Sebelum era kepemimpinan Gus Dur dan Megawati, para peziarah hanya bisa melihat nisan Bung Karno dari balik kaca. Semasa keduanya menjabat, dinding kaca tersebut akhirnya dibongkar dan memberikan kebebasan bagi setiap peziarah untuk menyentuh batu nisan Bung Karno. Bahkan setiap orang bisa berfoto dengan latar belakang makam yang bersejarah tersebut.peziarah makam bung karno

Perpustakaan Dan Museum Di Dalam Makam

Lalu apa sajakah selain ketiga makam yang berada di bangunan joglo tersebut? Masih ada tempat di kawasan tersebut yang merupakan bagian dari kompleks makam. Para pengunjung bisa mengakses perpustakaan Bung Karno yang berisi buku-buku berkaitan dengan beliau. Ada patung besar dari Bung Karno yang sedang duduk membaca di depan gedung. Sementara itu, Anda bisa mengunjungi museum yang menampilkan koleksi benda milik sang presiden. Kalau Anda capek dan haus, bisa beristirahat di sekitar kompleks dan menikmati beragam makanan yang dijual di kios-kios.

Kompleks makam juga dilingkari oleh kawasan pedagang souvenir terutama kaos dan cindera mata lainnya. Ada juga beberapa souvenir seperti gambar atau foto dari Bung Karno sendiri. Kawasan ini sangat cocok sebagai liburan wisata bersama anak-anak untuk mengenalkan pada sejarah perjuangan bangsa. Nah, Anda bisa memilih waktu di saat libur atau hari-hari lain yang lebih luang untuk berziarah ke Makam Bung Karno.

Baca juga: Wisata Petik Apel Sendiri Di Kusuma Agrowisata Batu

Share

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 204 788 678 (SMS+Telp) dan 085 855 958 388 (WA)

One thought on “Makam Bung Karno, Wisata Sejarah Di Kota Blitar

  • 18/12/2016 at 01:16
    Permalink

    permisi.. ada keterangan tour guide untuk ke pemakamannya gak ?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *