Legenda Di Balik Keindahan Air Terjun Coban Rondo Malang

Banyak sekali tempat wisata di Malang yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah air terjun coban rondo. Jika anda ingin menikmati pemandangan yang menarik dan luar biasa maka jangan ragu untuk mengunjungi tempat wisata air terjun di Malang yang satu ini. Anda akan dihibur dengan pemandangan air terjun yang luar biasa.

Aliran air di coban rondo berasal dari lereng Gunung Kawi, tepatnya berasal dari sumber Cemoro Dudo, dengan aliran debit air mencapai 90 liter/detik di musim kemarau dan 150 liter/detik di musim penghujan. Air terjun ini berada di ketinggian 1.135 meter diatas permukaan laut dan berlokasi di sekitar Gunung Panderman Batu. Ketinggian air terjun coban rondo sekitar 84 meter. Objek wisata air terjun ini dikelola oleh Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Perum Perhutani Malang.

Pada dasarnya, air terjun ini terdiri dari 3 tingkatan. Pada tebing paling adalah air terjun kembar yang terkenal dengan sebutan Coban Manten. Air terjun kembar itu diibaratkan sepasang kekasih yang sedang melangsungkan pernikahan. Air terjun kembar ini mengalir menyatu menjadi satu dan jatuh ke tebing berikutnya, yaitu Coban Dudo. Dan aliran air di tebing berikutnya adalah Coban Rondo.

Lokasi Air Terjun Coban Rondo

lokasi air terjun coban rondoLetak air terjun coban rondo ini terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Akses menuju air terjun sangatlah mudah dan beraspal cukup bagus, bisa ditempuh dengan mobil atau sepeda motor. Banyak pilihan jalur yang bisa anda akses untuk bisa masuk ke tempat tersebut.

Jika dari pusat Kota Malang berjarak 32 km ke arah baratdan hanya membutuhkan waktu 1,5 jam. Dan jika dari arah Kota Kediri atau Kota Jombang membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan. Jika sudah sampai di pertigaan Kecamatan Pujon yang ditandai dengan adanya patung sapi yang berukuran besar, silahkan berbelok menuju ke arah barat.

Tiket Masuk Wisata Air Terjun Coban Rondo

air terjun coban rondo malangHarga tiket masuk ke coban rondo 10.000 pada saat hari aktif dan 12.000 pada weekend. Tiket perijinan bisa dilakukan di pos atau pintu gerbang untuk masuk ke area wisata. Saat melewati pos perijinan tersebut, wisatawan akan disambut oleh deretah pohon cemara gunung dan pohon pinus yang banyak tumbuh di kanan kiri jalan. Di area pepohonan ini berfungsi sebagai camping ground dan biasanya banyak mahasiswa dari kampus-kampus di Malang dan Surabaya mengadakan kegiatan di tempat ini.

Setelah berjalan sekitar 3 km, sampailah di area parkir yang lumayan cukup luas. Disini banyak ditemui warung-warung penjual makanan dan minuman. Tarif parkir untuk sepeda motor Rp.2.000,- dan kendaraan roda empat Rp.5.000,-

Anda bisa membeli kacang rebus di tempat ini untuk dibawa ke lokasi air terjun. Dari tempat parkit dibutuhkan waktu 10 menit berjalan kaki. Di sepanjang jalur setapak untuk berjalan kaki ini banyak ditemui monyet-monyet yang berkeliaran menunggu makanan dari wisatawan. Anda bisa memberikan kacang atau makanan lainnya di sepanjang jalur setapak ini. Di kanan kiri jalur setapak merupakan area taman yang tertata dengan rapi nan indah. Ada juga pondok-pondok dari bambu untuk tempat istirahat bagi wisatawan.

Satu hal yang pasti, anda wajib untuk membawa kamera saat anda sedang berada di tempat yang satu ini sehingga anda bisa menangkap momen-momen dan pemandangan yang indah saat berada didalamnya. Ditambah lagi, banyak pilihan angle yang tepat untuk menangkap gambar yang indah di tempat ini. Selain wisata air terjun, Anda juga dapat menikmati pesona alam yang banyak ditemui di area lokasi wisata serta dapat merasakan permainan flying fox, tubing, wisata rafting, camping ground, jogging track dan taman labirin.

Cerita Legenda di Air Terjun Coban Rondo

legenda air terjun coban rondoDi area wisata ada sebuah papan informasi yang menjelaskan tentang sejarah air terjun coban rondo, bahwasanya ada sepasang suami istri yang baru menikah, yaitu Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro. Keduanya sedang melakukan perjalanan menuju Gunung Anjasmoro, yaitu ke kediaman sang suami. Keduanya dikawal oleh para abdi setia yang turut serta mengiringinya.

Sebenarnya orang tua Dewi Anjarwati melarang mereka untuk bepergian, mengingat keduanya masih baru saja menikah. Dan diyakini, jika bepergian sebelum usia pernikahan mencapai 36 hari (hari selapan menurut jawa) akan membawa kesialan. Namun keduanya tetap ngotot pergi.

Di tengah perjalanan, muncullah Joko Lelono yang tidak jelas asal usulnya. Dia terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati dan ingin merebutnya dari tangan Raden Baron Kusumo. Keduanya terlibat perkelahian hingga tewas. Sementara para abdi dalem menyembunyikan Dewi Anjarwati ke suatu tempat yang terdapat air terjun (coban, bahasa jawa). Akhirnya sang dewi pun jadi janda sejak ditinggal mati suaminya. Sejak saat itulah, wisata air terjun ini dikenal dengan Coban (air terjun) dan Rondo (janda) atau Air Terjun Janda. Seakan-akan tangisan duka Dewi Anjarwati beriringan dengan jatuhnya air yang menghempas batu-batu granit dibawah air yang sedang terjun.

Dan konon katanya ada larangan datang ke air terjun coban rondo bersama kekasih. Jika melanggar maka cinta keduanya tidak akan awet. Entah percaya entah tidak, semua itu kembali kepada diri kita masing-masing.

Taman Labirin, Wahana Baru di Coban Rondo

taman labirin di coban rondo malangSetelah selesai menikmati wisata air terjun coban rondo, cobalah mampir ke wahana baru yaitu Taman Labirin. Labirin ini cukup luas. Banyak pasangan muda-mudi yang mencoba berpetualang memecahkan labirin ini. Titik pusat dari labirin tersebut adalah kolam air mancur kecil. Banyak juga yang curang dengan meminta petunjuk temannya yang memantau dari menara untuk memecahkan labirin tersebut. Harga tiket masuk ke Taman Labirin Coban Rondo ini Rp.10.000,- per orang.

Artikel Lainnya: Pesona Wisata Gunung Bromo dan Gunung Semeru

Share

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 204 788 678 (SMS+Telp) dan 085 855 958 388 (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share