Keunikan Fenomena Alam Di Air Terjun Coban Pelangi Malang

Air terjun coban pelangi merupakan salah satu objek wisata air terjun di Malang, Jawa Timur yang dikelola oleh Perum Perhutani Malang. Objek wisata ini berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Air terjun ini berada pada ketinggian 1299,5 m di kaki gunung Semeru dan memiliki terjunan air setinggi kurang lebih 110 m. Suhu udara berkisar antara 19-23 derajat celcius. Suhu disana memang sangat dingin karena memang berada di daerah pegunungan.

Lokasi Wisata Air Terjun Coban Pelangi

rute ke air terjun pelangi malangCoban pelangi ini berada di desa Gubuk Klakah, kecamatan Poncokusumo, tepatnya berada di jalur pendakian gunung semeru. Untuk mencapai air terjun ini, anda bisa melakukan perjalanan dari kota Malang ke Kecamatan Tumpang. Setelah Pasar Tumpang nanti ada pertigaan lalu belok ke arah kiri. Setelah itu ketemu dengan perempatan, silahkan ambil jalan lurus kemudian menuju Desa Gubug Klakah, Poncokusumo.

Coban pelangi terletak sebelum pertigaan menuju gunung semeru dan gunung bromo atau sebelum pertigaan jemplang, lokasinya tepat berada sebelum Desa Ngadas. Setelah melewati gubuk klakah, anda akan melihat gapura air terjun coban pelangi pada sisi kanan jalan.

Dari area pintu masuk gerbang air terjun coban pelangi, anda akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang menurun dan melintasi jembatan sekitar 1,5 meter sampai lokasi air terjun ini berada. Jalur yang akan dilalui cukup menantang dengan jalan setapak yang menanjak dan kemiringannya 45 derajat. Jika datang saat musim hujan, bebatuan disana licin dan berlumut. Jadi pastikan tubuh dalam keadaan fit dan jangan lupa membawa baju hangat.

Di sepanjang perjalanan menuju coban pelangi, banyak pepohonan yang masih sangat rapat, asri dan alami sekali dan tentunya perjalanan anda akan ditemani dengan nyanyian burung-burung yang berterbangan di sekitar air terjun.

Waktu yang pas untuk mengunjungi air terjun ini yakni pada pagi hari antar pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang karena kabut sering menghilang setelah lewat tengah hari. Pada saat musim hujan, pengelola membatasi waktu kunjungan hanya sampai pukul 16.00. Hal ini untuk menghindari air bah yang datang dari pegunungan di bagian hulu yang terkadang secara tiba-tiba.

Keunikan Air Terjun Coban Pelangi

Air terjun ini dinamakan coban pelangi karena sering membiaskan warna pelangi. Bagi para pendaki gunung Semeru, air terjun ini pasti sudah tidak asing lagi bagi mereka karena mobil jeep, angkutan yang membawa mereka dari pasar tumpang menuju gunung Bromo pasti melewati lokasi ini.

1. Jembatan Cinta

jembatan cinta di coban pelangiAir terjun ini memiliki beberapa keunikan. Yang pertama adalah jembatan cinta. Istilah ini ditujukan pada muda-mudi yang berkunjung ke wisata air terjun di Malang ini. Jembatan cinta ini adalah sebuah jembatan yang dasarnya terbuat dari bambu. Jembatan ini hanya bisa dilewati oleh dua orang. Jadi ketika sepasang muda-mudi melewati jembatan ini, mau tidak mau pasti mereka akan berpegangan tangan. Jadi jembatan ini semacam menyatukan cinta mereka, sehingga dinamakan jembatan cinta.

2. Munculnya Pelangi

coban pelangi malang jawa timurKeunikan yang kedua yakni warna pelangi yang muncul dari sekitar air yang sedang jatuh. Jika cuaca sedang bersahabat, anda bisa menyaksikan sendiri pelangi yang membentang dari dua sisi tebing di air terjun ini sekitar pukul 10.00 – 14.00 WIB. Bagi anda para kawula muda yang ingin merasakan sensasi jembatan cinta di air terjun ini, anda bisa langsung datang ke air terjun coban pelangi ini dan bisa anda bayangkan betapa indahnya pelangi tersebut. Jadi anda tidak akan kecewa jika berkunjung ke air terjun coban pelangi ini.

Share

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 204 788 678 (SMS+Telp) dan 085 855 958 388 (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share