Jalur Menuju Danau Ranu Kumbolo Gunung Semeru

Salah satu gunung yang terkenal di provinsi Jawa Timur adalah Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Di Gunung Semeru, terdapat danau yang dijadikan sebagai tempat wisata karena keindahannya. Danau tersebut adalah Danau Ranu Kumbolo.

Danau yang luasnya sekitar 14 hektar ini lokasinya terletak pada ketinggian 2400 mdpl di lereng Gunung Semeru, di kawasan pegunungan Tengger. Wisata Ranu Kumbolo adalah salah satu tempat yang tidak bisa Anda lewatkan ketika mendaki Gunung Semeru. Danau ini sering kali dijadikan sebagai tempat berkemah para pendaki yang hendak mencapai Mahameru, puncaknya Gunung Semeru.

Pesona Danau Ranu Kumbolo Merupakan Keagungan Ciptaan Tuhan

Danau Ranu Kumbolo ini menyimpan banyak keindahan yang tak bisa Anda lewatkan di pagi dan sore hari. Kebanyakan pendaki yang mendirikan tenda di daerah Ranu Kumbolo ini menanti sunrise yang keindahannya tak bisa dilukiskan kata-kata. Matahari pagi seakan muncul dari balik bukit yang berwarna hijau dan sinarnya memantul di beningnya air danau menciptakan sebuah pemandangan yang membuat siapa saja terpesona. Udara pagi yang sejuk membuat suasana sunrise di Ranu Kumbolo semakin terasa mengesankan.

Selain pagi hari, Ranu Kumbolo juga bisa Anda nikmati pada sore hari. Pada saat itu, kabut putih mulai turun dan menyelimuti Ranu Kumbolo, disusul dengan pemandangan saat matahari mulai kembali ke peraduannya. Paduan warna senja yang menyapu permukaan air danau menciptakan pemandangan yang tak cukup dilukiskan dalam kalimat.

Belum lagi pemandangan pada malam hari saat gugusan bintang dari galaksi Bima Sakti menampakkan keberadaannya dan dapat Anda nikmati dengan mata telanjang. Pemandangan itu hanya bisa Anda lihat di danau ini, Ranu Kumbolo saat tidak ada lampu-lampu kota yang menyilaukan dan sinarnya menghalangi bintang di angkasa raya.jalur menuju danau ranu kumbolo

Beberapa Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Di Danau Ranu Kumbolo

Keindahan Danau Ranu Kumbolo dilengkapi dengan air di telaganya yang sangat jernih. Air ini bahkan aman untuk diminum meski tanpa dimasak. Di sana terdapat papan larangan untuk buang air, mandi, berenang, atau mencuci di danau agar airnya tetap jernih. Debit air di danau ini memang tidak pernah kurang sepanjang hari sepanjang tahun yang menjadikan para pendaki memilih tempat ini sebagai tempat transit dan mendirikan tenda.

Tempat wisata Ranu Kumbolo bukanlah sembarang tempat wisata. Dibutuhkan fisik yang prima untuk bisa mencapai danau yang letaknya di lereng Gunung Semeru ini. Bahkan, di tempat itu terdapat plakat para pendaki gunung yang meninggal dunia karena kondisi fisiknya tak cukup kuat melanjutkan pendakian.

Udara di danau ini juga cukup dingin sehingga Anda perlu membawa peralatan yang bisa melindungi Anda dari kedinginan. Jika Anda berjiwa petualang dan suka mendaki, danau Ranu Kumbolo adalah salah satu tujuan wisata yang patut Anda coba.

Lokasi Danau Ranu Kumbolo Terletak Di Jalur Pendakian Gunung Semeru

Ada banyak sekali objek wisata yang bisa ditemukan di Jawa Timur. Salah satu yang populer selain objek wisata kota batu di malang adalah objek wisata danau ranu kumbolo di lumajang. Daerah ini jelas merupakan wisata alam yang sangat menarik khususnya karena areanya yang masih terjaga. Berbeda dengan berbagai wisata alam yang lain yang kadang dikombinasikan dengan modernisasi, maka objek wisata danau ini bisa dikatakan masih perawan. Hal itulah yang memberikan nilai lebih pada popularitasnya.

Danau ini bisa terjaga sedemikian rupa disebabkan oleh lokasinya yang berada di jalur pendakian Gunung Semeru. Tentu saja anda tak bisa menggapainya sebagai satu paket wisata dengan wisata ke gunung bromo sebab meskipun bromo mencakup juga lumajang dan tiga lokasi lainnya, akan tetapi jarak keduanya terpaut lumayan jauh. Selain itu, bromo juga bisa dikatakan lebih mudah dicapai dibandingkan dengan wisata danau ranu kumbolo. Karena itu biasanya paket wisata ke danau ini merupakan paket wisata yang terpisah.jalur ke danau ranu kumbolo

Beberapa Kelebihan Danau Ranu Kumbolo

1. Objek Wisata Alam Yang Menantang

Sebenarnya kelebihan danau ranu kumbolo dibandingkan dengan berbagai wisata alam lainnya adalah bahwa orang untuk mencapainya membutuhkan perjuangan yang lebih menantang. Hal tersebut merupakan hal yang justru menarik khususnya bagi para anak muda.

Sebaliknya, hal tersebut akan menjadi kekurangan bagi orang yang sudah berusia lanjutnya. Hal tersebut bisa dibandingkan dengan wisata gunung bromo ataupun coban rondo dan coban sedudo yang ada di kota malang. Ketiganya merupakan jenis wisata alam juga yang memiliki karakterisasi lebih mudah untuk dijangkau baik oleh anak muda ataupun oleh orang yang sudah berusia lanjut.

Penyebab kenapa danau ini sedikit susah dijangkau adalah karena danau ini merupakan bagian dari jalur pendakian gunung semeru. Danau ranu kumbolo gunung semeru merupakan objek wisata yang biasa dijadikan satu paket dengan pendakian gunung semeru. Mendaki gunung jelas merupakan jenis wisata yang juga menyenangkan dan lebih menantang. Hal tersebut bisa menghilangkan kebosanan mereka yang merasa jenuh dengan kehidupan kota besar yang pepat dan bising.

2. Keagungan Ciptaan Tuhan Yang Menakjubkan

Selain itu, danau ranu kumbolo juga memiliki kelebihan dalam hal panorama alam di sekelilingnya. Danau ini belum tersentuh oleh modernisasi sehingga memungkinkan orang yang terbiasa dengan kehidupan modern menemukan surga yang hilang. Selain itu, air danau itu sendiri jelas lebih jernih dan segar karena bersumber secara langsung dari gunung semeru.

Kesunyian suasana di sana juga akan mengembalikan fitrah anda sebagai manusia yang sudah seyogyanya akrab dengan alam. Selain itu, jenis wisata alam yang menyediakan jalur yang sedikit susah tapi juga menyenangkan jelas masih langka ditemukan. Jika tidak terlalu gampang maka objek wisata alam yang lain terlalu susah untuk dicapai.

Carter Mobil Dari Malang Ke Ranupane

Desa Ranupane merupakan desa terakhir yang terletak di kaki gunung semeru dan juga lokasi kantor Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk mengurus perijinan mendaki ke danau ranu kumbolo atau gunung semeru. Mobil jeep merupakan alat transportasi yang biasa digunakan oleh para pendaki untuk mencapai Desa Ranupane tersebut.

Ada alternatif lain jika Anda ingin menggunakan mobil pribadi, yaitu dengan carter jasa rental mobil di malang. Mobil yang bisa anda sewa adalah mobil jenis avanza, xenia atau innova. Tentu dengan adanya perusahaan rental mobil malang ini akan memudahkan anda datang ke Desa Ranupane serasa menaiki kendaraan pribadi. Lihat info di :

Rental Mobil Malang Ranupane

Anda bisa pesan layanan rental mobil malang ini dengan sekali antar (drop off) yang tentu harganya lebih hemat. Supir yang menemani perjalanan Anda juga sudah sangat berpengalaman dan terbiasa di medan pegunungan yang berkelok-kelok. Pastinya, perjalanan anda akan semakin menyenangkan dengan transportasi rental mobi di malang ini.

Share

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 204 788 678 (SMS+Telp) dan 085 855 958 388 (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share