Coban Jahe Yang Cantik Dan Penuh Misteri

Banyak dari masyarakat saat ini yang senang untuk melakukan liburan. Ada banyak sekali tempat wisata menarik yang tersedia di wilayah Indonesia. Anda bisa menikmati keindahan alam seperti pantai, gunung, hutan, air terjun atau bahkan pemandangan bukit-bukitnya.

Salah satu yang banyak digemari oleh masyarakat adalah wisata air terjun. Seperti yang kita ketahui, di wilayah Indonesia akan sangat banyak sekali terdapat air terjun dengan karakter yang berbeda-beda.

Jika anda senang untuk mengunjungi wisata air terjun maka cobalah untuk datang ke Coban Jahe. Lokasi wisata ini ada di Pedukuhan Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Tidak Ada Pohon Jahe

Bagi yang sedang berkunjung ke malang bisa mengunjungi tempat ini karena memang ada banyak keunikan dan keindahan yang bisa anda temukan disana.

Beberapa kelebihan dari coban jahe akan dibahas disini namun sebelumnya anda perlu untuk mengetahui asal usul dari coban tersebut.

Jika Anda melihat atau mendengar sekilas dari NAMANYA mungkin Anda akan berpikir jika disana ada banyak sekali pohon jahe yang dapat ditemukan. Namun ternyata nama jahe bukan disebabkan adanya pohon jahe di sekitar air terjun tersebut melainkan karena ada hal lain.

Baca Juga : Keunikan Fenomena Alam di Air Terjun Coban Pelangi Malang

Asal-Usul Nama Air Terjun Jahe

Asal dari nama jahe sebenarnya bukan dari tanaman rempah, namun berasal dari kata pejahe yakni merupakan Bahasa Jawa yang bisa diartikan sebagai meninggal dunia.

Air terjun ini menjadi sebuah tempat yang akan mengingatkan masyarakat mengenai kematian atau gugurnya para pejuang yang pernah berperang melawan Belanda pada tahun 1947.

Para pejuang tersebut gugur di bawah komando dari Aloi Mrpoto dan lokasinya memang berada di air terjun tersebut. Alasan inilah yang menjadikan coban atau air terjun tersebut memiliki nama jahe.

Dengan menyebut nama jahe maka tidak terkesan menyeramkan. Berbeda jika coban tersebut dipanggil pejah atau pejahe tentu kesan mistisnya akan sangat terasa.

Jalan Menuju Air Terjun

Setelah Anda mengetahui sejarahnya, selanjutnya Anda perlu untuk mengetahui mengenai jalur atau jalan yang harus ditempuh ketika ingin sampai ke coban tersebut.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke sana bisa menggunakan kendaraan roda dua karena untuk bisa sampai ke lokasi Anda harus melalui jalan setapak yang tidak bisa dilalui oleh mobil.

Jalan disana cukup ekstrem yakni berbatu dan cukup licin sehingga perlu untuk berhati-hati, baik ketika mengendarai motor atau berjalan kaki. Bagian jalan disana licin sekali karena terdapat air yang menggenang.

Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan sawah dan pohon yang hijau. Perjalanan di jalan setapak yang harus dilalui memiliki jarak sekitar 1,5 km.

Arah Untuk Sampai Ke Air Terjun

Jika anda ingin sampai ke coban jahe dari Kota Malang maka Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 23 km menuju ke gunung bromo. Di gapura selamat datang di Kecamatan Tumpang akan ada petunjuk arah.

Dari sana anda harus menempuh perjalanan sekitar 7 km dengan menggunakan kendaraan. Setelah itu Anda tidak akan menemukan petunjuk arah lagi. Solusi yang bisa anda lakukan adalah bertanya kepada penduduk sekitar atau dengan menggunakan google map.

Jika anda sudah sampai di makan pahlawan yakni makam kali jahe maka lokasi dari coban sudah sangat dekat.

Tersedia Pos Jaga

Di lokasi wisata ini hal pertama sebelum masuk ke lokasi Anda akan menemukan pos jaga yang juga menyediakan tiket masuk. Pos ini jika sedang ramai akan terlihat ada banyak penjaga namun ketika sedang sepi biasanya juga sepi penjaga.

Kekurangan dari tempat ini adalah masih belum mudah ditemukan kamar mandi sehingga kebanyakan pengunjung harus bersembunyi di balik semak-semak ketika akan buang air kecil. Bagi perempuan tentunya hal seperti ini akan sangat menyedihkan.

Tersedia Tempat Camping

Jika anda ingin melakukan camping bersama dengan teman-teman, wisata coban jahe juga menyediakan lapangan untuk camping. Anda bisa menanyakan mengenai biaya dan juga prosedur yang harus dilakukan ketika ingin mendirikan camp di lokasi tersebut kepada penjaga.

Lokasi ini memang cukup menarik jika digunakan untuk melakukan camping karena tempatnya yang sangat hijau, sejuk, rimbun serta diiringi suara air terjun yang menenangkan hati. Di waktu pagi hari yang masih dingin Anda bisa mandi di bawah air terjun yang bersih dan menyegarkan.

Karakter Air Terjun

Anda tentu akan bertanya-tanya mengenai karakter dari air terjun yang disebut sebagai COBAN jahe tersebut. Air terjun ini memiliki bentuk yang lurus karena langsung jatuh dari atas tebing dengan ketinggian 40m.

Suara air yang jatuh cukup keras sehingga menyebabkan cipratan yang menyegarkan ketika mengenai kulit. Air terjun ini juga banyak mengalirkan buih-buih di bawah sungai sehingga terlihat lebih berkarakter.

Anda juga akan merasa terpesona dengan pemandangan tebing wadas yang mengelilingi air terjun tersebut. Disekitar coban juga ada banyak pepohonan hijau yang rimbun. Anda bisa merasakan ketenangan selama berada di sekitar air terjun jahe tersebut.

Lokasi Wisata Yang Cocok Untuk Para Pecinta Tantangan

Bagi pecinta tantangan dan petualangan, coban ini akan sangat cocok untuk dijelajahi karena untuk bisa sampai kesana Anda harus melalui jalan yang memang cukup ekstrem.

Kebanyakan orang senang masuk ke lokasi air terjun dengan menggunakan motor cross karena akan sangat memudahkan perjalanan. Jalan yang berbatu dan licin akan membuat anda merasa seperti sedang melakukan tracking di alam liar.

Jika tidak berani menggunakan motor bisa juga dengan berjalan kaki sambil melatih tubuh agar tetap bugar. Di sepanjang perjalanan anda bisa menikmati sejuknya udara dan juga melihat pemandangan alam khas pedesaan.

Baca : Pantai Banyu Anjlok, Wisata Air Terjun Unik Di Malang

Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati pemandangan yang indah di air terjun jahe ini anda hanya perlu membayar tiket masuk yang sangat terjangkau yakni sekitar Rp. 5000,- saja. Dengan uang tersebut anda sudah bisa menikmati sejuknya air terjun yang indah sepuasnya.

Apabila anda ingin mandi di air terjun tersebut maka jangan lupa untuk membawa baju ganti. Selain itu pastikan anda juga membawa bekal makanan dan minuman karena di sana masih sangat jarang ditemukan warung penjual makanan.

Membawa Bekal

Coban jahe hingga saat ini masih terlihat begitu asri dan juga terkesan belum banyak dijamah. Hal ini terlihat dari jalanannya yang masih belum di aspal dan belum ada fasilitas seperti toilet yang memadahi serta warung makanan.

Anda perlu melakukan persiapan dan perbekalan yang baik agar ketika sampai disana tidak merasa kehausan atau kelaparan. Jika anda berkunjung kesana jangan lupa juga untuk membawa plastik sebagai pelindung handphone.

Banyak kasus wisatawan yang hpnya mati karena terkena cipratan air atau bahkan jatuh ke dalam air. Dengan membungkus handphone memakai plastik anda akan lebih nyaman ketika menggunakannya baik untuk berfoto atau merekam video.

Semoga kedepannya air terjun ini semakin terawat dan dikenal oleh banyak wisatawan baik local maupun interlokal.

loading...

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 339 122 865 (SMS/Telp/WA) dan 085 855 958 388 (WA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *