Cerita Misteri Tersesatnya Pendaki Di Gunung Semeru

Gunung semeru merupakan tempat tertinggi di jawa yang akhir-akhir ini banyak dikunjungi oleh para pendaki, baik pendaki amatir maupun yang sudah berpengalaman. Tidaklah heran, karena gunung dengan ketinggian 3676 mdpl ini menawarkan berbagai pemandangan eksotis di sepanjang jalur pendakian menuju puncaknya.

Selain keindahannya, banyak sekali cerita misteri gunung semeru dan salah satunya ada cerita tentang kawasan blank 75 yang sering menyebabkan para pendakit hilang (tersesat). Sebenarnya kawasan misteri blank 75 itu di mulai dari camp kalimati sampai ke cemara tunggal (tapi sekarang sudah tidak ada) dan ini merupakan jalur menuju puncak mahameru yang pasti dilewati oleh para pendaki, baik ketika naik atau turun.

Misteri penyebab yang menjadikan pendaki tersesat di blank 75 ini adalah ketika pendaki mulai turun dari puncak mahameru. Jalur akan terbagi dua cabang, ke kanan dan ke kiri. Pada arah yang ke kanan pendaki akan menemukan jalur yang lumayan landai dan tentunya nyaman untuk dilewati. Dan ini yang sering memakan korban orang tersesat karena di sebelah kanan kirinya merupakan jurang dengan kedalaman diatas 15 meter. Sedangkan pada arah yang ke kiri pendaki akan melewati jalur yang sempit dan cukup terjal, tapi ini merupakan jalur yang benar untuk menuju pos kalimati.

Setelah sampai di daerah kelik (batas vegetasi) juga banyak jalur menipu yang sering menyesatkan para pendaki gunung semeru. Misteri pendaki hilang juga banyak terjadi di daerah vegetasi ini terlebih ketika cuaca berkabut dan badai maka resiko tersesat akan lebih besar.misteri tersesatnya pendaki di gunung semeru

Banyak sekali mitos-mitos dan cerita misteri di balik keindahan gunung semeru yang berkembang di kalangan para pendaki. Setidaknya ada 4 kisah misteri di gunung semeru, yaitu:

1. Misteri patung kembar (Arcopodo)

Sebenarnya arcopodo merupakan dataran luas dan merupakan pos pendakian terakhir untuk menuju puncak gunung semeru. Di kawasan ini di kelilingi oleh hutan belantara dan menyimpan misteri tentang adanya arca kembar yang konon katanya di buat oleh petinggi kerajaan Majapahit. Anehnya, persepsi wujud dari arca kembar ini tidak sama antara pendapat yang satu dan pendapat yang lain. Ada yang mengatakan sebesar anak kecil, bahkan ada yang mengatakan sebesar raksasa. Dan yang pasti tidak sembarang orang bisa melihat wujud arca kembar ini.

2. Misteri tanjakan cinta

Tanjakan cinta adalah jalur yang lumayan cukup terjal dan terletak diantara danau ranu kumbolo dan oro-oro ombo. Menurut cerita, pendaki jomblo yang bisa mendaki tanjakan cinta ini tanpa menoleh dan tidak berhenti beristirahat sedikitpun dari bawah sampai batas akhir puncak akan kesampaian cintanya pada sang kekasih yang didamba.

3. Misteri penunggu gunung semeru (Mbah Dipo)

Mbah Dipo adalah juru kunci gunung semeru dan tinggal di kawasan berbahaya di lereng semeru. Banyak masyarakat desa Ranupane yang mengatakan bahwa Mbah Dipo dapat merasakan tanda-tanda akan meletusnya gunung semeru. Dulu sebelum meninggal, beliau pernah berwasiat: “Jangan pernah lari ke arah desa gunung Sawur, tapi larilah ke arah sungai”. Sampai saat ini wasiat tersebut masih menjadi misteri.

4. Misteri sosok wanita dan ikan mas di ranu kumbolo

Para masyarakat meyakini bahwa sosok wanita dan ikan mas di ranu kumbolo ini merupakan penunggu danau yang merupakan jelmaan dari dewi. Dan biasanya sosok wanita dan ikan mas ini muncul ketika bulan purnama.

Itulah sedikit pembahasan mengenai cerita misteri gunung semeru yang sering menjadikan pendaki tersesat. Apakah anda percaya tentang kisah misteri yang ada di balik gunung semeru tersebut? Entah percaya atau tidak, itu semua kembali kepada diri Anda masing-masing.

Share

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 204 788 678 (SMS+Telp) dan 085 855 958 388 (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *