Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Keindahan Surga Yang Tersembunyi

Sebagian besar para pembaca artikel ini mungkin belum mengetahui tentang air terjun tumpak sewu. Ini adalah destinasi wisata alam di Kabupaten Lumajang yang sangat menarik. Wisata alam yang satu ini berada di perbatasan kota Malang dan Lumajang. Tepatnya ada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Lokasi air terjun tumpak sewu ini ada di kaki gunung semeru yang notabene adalah gunung tertinggi yang ada di pulau Jawa. Air terjun ini hampir mirip dengan air terjun yang ada di Kecamatan Pujon, Malang yaitu Air Terjun Grojogan Pitu. Untuk air terjun grojogan pitu mempunyai tujuh sumber mata air sedangkan untuk tumpak sewu mempunyai banyak sumber mata air.

Akses Untuk Menuju Ke Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, akses yang di tempuh terbilang cukup mudah. Perjalanan menuju lokasi dapat di tempuh dalam kurun waktu kurang lebih 1,5 jam dari kota Malang menggunakan sepeda motor. Saat sampai di akses jalan utama, para pengunjung dapat dengan mudah menemukan pintu masuk untuk menuju ke air terjun. Disana juga ada papan penunjuk yang jelas serta mudah terlihat. Sebelum menuju ke lokasi air terjun, para pengunjung harus membayar retribusi parkir serta tiket masuk air terjun tumpak sewu dengan kisaran harga 3000 hingga 5000 untuk tiap orang.

Setelah kendaraan terparkir, anda harus berjalan kaki untuk menuju ke lokasi air terjun. Di jalur pertama, para pengunjung akan melewati anak tangga yang berkelok-kelok serta menurun mengikuti kontur tanah. Anak tangga tersebut mempunyai panjang sekitar 800 meter. Para pengunjung diharapkan berhati-hati saat menuruni anak tangga karena sedikit curam. Setelah anak tangga, pengunjung juga akan melewati goa tetes yang juga merupakan wisata alam yang terlebih dahulu ditemukan sebelum air terjun tumpak sewu.

Dinamai goa tetes karena memang air yang berasal dari sumber-sumber mata air di atas goa tidak mengalir dengan deras seperti halnya air terjun namun memencar ke semua penjuru permukaan goa yang kemudian menghasilkan tetes-tetes air yang menempel di bagian badan goa serta akan terus mengalir ke sungai yang ada di bawah goa.

Setelah goa tetes, para pengunjung akan melewati tebing batu yang curam dan menurun. Untuk melewati medan air terjun tumpak sewu yang cukup sulit ini, para pengunjung dapat menggunakan tali yang terbuat dari setangkai rotan serta karet ban bekas yang telah terpasang di area tersebut. Namun, saat berpijak di batu tebing setiap pengunjung harus memperhatikan serta memastikan bahwa batu yang dijadikan pejakan benar-benar kuat dan mampu menopang berat badan kita. Untuk itu, anda harus menggunakan pakaian yang nyaman serta mampu mendukung tubuh untuk bergerak bebas saat melalui medan-medan menuju ke air terjun tumpak sewu yang cukup sulit.

Sebaiknya anda tidak menggunakan pakaian berbahan jeans ataupun pakaian yang ketat saat melalui medan batu tebing tersebut. Hal ini dikhawatirkan dapat mengganggu keleluasan gerak tubuh dan berakibat fatal. Pemilihan alas kaki atau sandal juga harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Saat berencana mengunjungi air terjun tumpak sewu, sebaiknya anda memilih sandal yang mempunyai gerigi dan memang di produksi untuk melewati rute tebing yang cukup licin.

goa tetesDibawah batu tebing yang dilewati oleh para pengunjung terdapat sebuah sungai. Untuk dapat mencapai air terjun tumpak sewu, para pengunjung harus menyusuri sungai tersebut. Pengunjung bahkan tidak hanya menyusuri tepi sungai namun sesekali juga harus menyebrangi sungai yang berkelok dan mempunyai arus yang deras. Sungai tersebut diapit oleh tebing curam di sisi kiri dan kanan. Para pengunjung dapat menyaksikan air yang mengalir rapi dinding-dinding tebing tentunya menambah pesona wisata alam air terjun ini.

Anda kemudian dapat menikmati keindahan air terjun yang ada di hulu sungai tersebut. Karena medan menuju ke air terjun ini cukup sulit, sebaiknya anda memperhatikan cuaca dan waktu sebelum berangkat ke lokasi. Jika anda datang dari luar kota dan baru pertama kalinya, anda dapat memanfaatkan jasa sewa dan rental mobil di Malang untuk berangkat menuju ke lokasi air terjun. Untuk para pemula, dianjurkan menggunakan jasa tour guide.

loading...

Natural Sunrise Tour

Natural Sunrise Tour merupakan blog informasi tempat wisata terkenal di Indonesia, dengan harapan dapat memudahkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata dan travelling ke berbagai pelosok di Indonesia. Kami juga menyediakan beberapa Paket Wisata Murah ke beberapa tempat wisata yang populer. Silahkan hubungi kami di 085 204 788 678 (SMS+Telp) dan 085 855 958 388 (WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *